Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Jambi Resmikan PDAM Tirta Muaro, Air Langsung Dapat Dikonsumsi

Diposting oleh On 10:00 PM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI - Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) belum lama ini meresmikan 3 instalasi Pengelolaaan Air Minum (IPA) PDAM Tirta Muaro yang dipusatkan di kantor PDAM Tirta Muaro Unit Desa Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang, Tebo. Kehadiran HBA juga didampingi oleh Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom dan sejumlah pejabat Pemrintah Provinsi Jambi dan pejabat Pemerintah Kabupaten Tebo serta unsur Muspida  Tebo dan undangan lainnya.

    Gubernur Jambi HBA dalam sambutannya mengatakan, pembangunan IPA PDAM Tirta Muaro ini bersumber dari 3 anggaran, yakni anggaran APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Tebo yang berjumlah Rp. 17.5 miliar. Untuk itu dengan dibangunnya  IPA ini akan dapat  menekan persentase kebutuhan masyarakat akan Air Bersih.

    Kata HBA, kendati  PDAM ini menggunakan  sumber air dari Sungai Batang Hari, air yang diprodukasi dari PDAM ini  aman dan langsung dapat dikonsumsi. Menurutnya walaupun  berasal dari Sungai  Batang Hari di wilayah Tebo Ulu yang diketahui banyak penambang  Emas Tanpa Izin (PETI), tapi ambang pencemaran yang dihasilkan masih dibawah normal. Selain dari pada itu PDAM masih  melakukan pengelolaan air tersebut melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang bertarap nasional. Sehingga air yang diolah dari Sungai  keruh sekalipun kalau diolah akan dapat bersih dan layak dikonsumsi.

    Namun kata  HBA, untuk pengelolaan air minum dinegara kita ini belum ada  yang bisa langsung diminumm tapi setidaknya dimasak terlebih dahulu,”jelas HBA ketika diwawancarai saat meresmikan PDAM Tirto Muaro.

    Sementara itu Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat bangga dengan  diresmikannya PDAM Tirta Muaro ini dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah membangun PDAM tersebut, dan diharapkan kepada Managemen PDAM Kabupaten Tebo  dapat mengelola dengan baik sehingga dengan keberadaan PDAM ini akan  dapat memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat Kabupaten Tebo.    Sementaraitu Kepala PDAM Tebo dalam sambutannya mengatakan, bahwa kesediaaan air baku di daerah ini masih mencukupi karena didukung oleh potensi Sungai Alai, sungai Batang Hari,  yang mempunyai debit air cukup besar. Dengan diresmikannya  PDAM ini akan dapat memenuhi kebutuhan warga akan air bersih sehari harinya.

    Tujuan  dan sasaran pembangunan SPAM di tiga unit ini  akan menambah pelayanan sebanyak 4000 sambungan rumah setara dengan 20.000 jiwa. Sehingga dapat melayani  2 Kecamatan di Rimbo Ilir dan Rimbo Bujang yang terdiri dari  3 Desa yaitu desa Perintis, Desa Wiroto Agung, Dan Desa Tegal Arum.

    Adapun suber pendanaan SPAM IKK Rimbo Ulu diangun  dari beberapa sumber pembiayaan yang pelaksanaannya pada tahun anggaran  2013 antara lain: APBD II sebesar Rp. 2.200.000.000, APBD I sebesar Rp. 10.499.989.000., APBN CK sebesar Rp. 14.615.864.000, APBN SDA sebesar Rp. 11.641.700.000. (dl)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »