Diberdayakan oleh Blogger.

Hadapi AFTA 2015, Huawei Siapkan Pertahanan Kaum Muda

Diposting oleh On 7:48 PM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID - Menghadapi persaingan perdagangan kawasan Asia Tenggara ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2015, Produsen teknologi Tiongkok, Huawei melatih 100 mahasiswa Indonesia mengenai jaringan Huawei Certified Datacom Associate (HCDA). Pelatihan itu ditujukan guna mempersiapkan sasaran utama talenta muda sebagai benteng pertahanan.

"Pendidikan komunikasi merupakan faktor utama meningkatkan daya hidup manusia dan meningkatkan industri telekomunikasi Indonesia dengan cara membantu talenta lokal muda melalui program Corporate Sosial Reponsibility (CSR)," ujar Sheng Kai, Presiden Direktur Huawei di Pustiknas, Ciputat, Tangerang, Jumat 13 Juni 2014.

HCDA sama halnya dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKNNI) Network Administrator.

"Kolaborasi ini sangat penting bagi upaya pengembangan kompetensi sumber daya manusia untuk bersaing dalam industri telekomunikasi," ucap Basuki Yusuf Iskandar, Kepala Balitbang Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi.

Pelatihan ini merupakan tahap pertama yang diikuti oleh mahasiswa dari tiga universitas, yaitu Univeritas Gajah Mada, Insitut Teknologi Bandung, dan Universitas Telkom.

Pada pelatihan tahap kedua akan melibatkan mahasiswa dari Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, dan lainnya.

Pelatihan ini bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Balitbang Kominfo), PT Telkom, PT Telkomsel dan Huawei.

Perjanjian AFTA dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing kawasan ASEAN sebagai basis produksi untuk pasar dunia. Diantara langkah perjanjian perdagangan kawasan itu yakni liberalisasi perdagangan melalui penghapusan tarif dan hambatan non-tarif antara anggota ASEAN. 

Langkah AFTA ditempuh sebagai katalis efisiensi lebih besar dalam produksi daya saing perdagangan jangka panjang. Selain itu, peruasan perdagangan intra-regional ini memberikan konsumen ASEAN pilihan yang lebih luas dan produk konsumen yang lebih baik. (VN/E-83)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »