Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemberontak Suriah Ingin Gabung ISIS

Diposting oleh On 8:46 PM with No comments

Iklan


NASIONALXPOS.CO.ID - Kelompok pemberontak Suriah yang berafiliasi dengan al-Qaedda, an-Nusra, menghadapi tekanan dari para anggotanya untuk melakukan rekonsiliasi dengan ISIS, serta berperang melawan musuh yang sama yaitu Amerika Serikat (AS).

Satu hal yang masih jadi penghambat adalah, rekonsiliasi akan mengharuskan mereka bersumpah setia pada ISIS, yang artinya mengakhiri keberadaan an-Nusra. Demikian disampaikan salah seorang anggota an-Nusra yang dikutip Reuters, Jumat, 26 September.

An-Nusra merupakan kelompok pemberontak Suriah yang terkuat, saat upaya menggulingkan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dimulai beberapa tahun lalu. Namun pertempuran di Suriah menjadi semakin kompleks dengan munculnya ISIS, yang berperang dengan pemerintah Suriah maupun dengan kelompok pemberontak.
Baik an-Nusra dan ISIS memiliki ideologi yang sama, walau an-Nusra mengaku bertentangan dengan ISIS karena menggunakan taktik yang kejam dan brutal. Namun keduanya berasal dari al-Qaeda.

Setelah serangan udara Amerika Serikat (AS) juga mengenai daerah yang diduduki an-Nusra, banyak anggota kelompok itu yang mendesak untuk melakukan rekonsiliasi dengan ISIS. Sumber yang dikutip Reuters menyebut sebagian militan an-Nusra telah bergabung dengan ISIS.(VN/E-83)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »