Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

#ShameOnYouSBY Raib Misterius, Apa Alasan Twitter?

Diposting oleh On 1:49 PM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID - Dunia jagat maya sejak Jumat hingga Sabtu 27 September 2014 masih diramaikan dengan luapan kekesalan ratusan ribu netizen di Tanah Air terhadap sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada secara tidak langsung.

Saking banyaknya kekecewaan, muncul hastag #ShameOnYouSBY yang disuarakan para netizen hingga akhirnya berhasil bertengger di topik populer 10 besar dunia selama hampir 48 jam.

Namun, hastag tersebut tiba-tiba raib secara misterius. Banyak pihak pun mensinyalir jika penghapusan itu sengaja dilakukan oleh Twitter.

Seperti dilansir The Next Web, Minggu 28 September 2014, tindakan Twitter dilakukan karena ada pemintaan resmi dari pihak berwenang.

"Jika kami menerima permintaan dari entitas yang berwenang, dimungkinkan untuk menghapus atau menahan akses terhadap konten tertentu di suatu negara kapan saja," sebut Twitter.

Dalam kebijakan Twitter, dikatakan jika pemerintah atau lembaga negara tertentu dapat mengajukan protes atau keberatan terhadap konten atau akun tertentu.
Jika dianggap memenuhi aturan, Twitter bisa saja menghapus, atau menahan akses seperti halnya yang terjadi terhadap hastag #ShameOnYouSBY.

Terus Berlanjut
Kendati hastag #ShameOnYouSBY telah hilang, namun aksi protes dan kecaman terus berlanjut.
Pasca raibnya hastag yang telah mendulang 297 ribu kicauan kini muncul hastag baru yang merupakan plesetan dari hastag sebelumnya, #ShamedByYou.

"Patah tumbuh hilang berganti" #ShameOnYouSBY berganti jadi #ShamedByYou," kicau Putut Widjanarko dalam akun Twitter-nya.

"SBY singkatan dari #ShamedByYou :)," tulis akun @idetopia.
Kendati tidak seramai hastag sebelumnya, namun banyak pihak menganggap jika hastag baru ini akan kembali menjadi perbincangan dunia. (VN/E-83)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »