Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

Debus Modern di Pagelaran Seni dan Budaya Provinsi Banten

Diposting oleh On 9:06 AM with No comments

Iklan

 NASIONALXPOS. CO.ID, JAKARTA - Acara Pagelaran Seni dan Budaya Banten yang diadakan oleh Provinsi Banten diselenggarakan di anjungan Provinsi Banten Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Minggu, (21/5/17).

Pagelaran kali ini menampilkan kesenian dan budaya dari Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang, di antaranya adalah seni tari, seni musik, pencak silat, debus Banten dan ditutup dengan seni sunda Wayang Golek.

Salah satu peserta Debus modern, Firmansyah yang akrab disapa Abah Firman didampingi Adit juru bicaranya sekaligus anggota dari Forum Wartawan Tangerang (Forwat) mengatakan bahwa mereka sangat senang dengan adanya Pagelaran Seni dan Budaya Banten, terutama bisa ikut tampil di acara ini.

"Satu kehormatan bagi kami bisa tampil di acara ini dan terima kasih atas undangan dari Disporabudpar Kabupaten Tangerang. Seni Debus Banten yang kami tampilkan adalah kolaborasi Debus modern dengan Debus yang ada pada umumnya. Diantaranya adalah debus golok, debus bor, melepaskan jeratan rantai besi di leher, debus ular berbisa, menarik mobil yang bermuatan penuh dengan gigi, dan lain-lain", terangnya.

Ditambahkannya, "Harapan kami ke depannya, Pemerintah Indonesia khususnya 8 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten lebih peduli dalam melestarikan seni dan budaya yang ada, agar tidak punah ditelan masa,” pesannya.

 Kepala Dinas Budaya & Pariwisata Provinsi Banten Hj. Eneng Nurcahyati ketika ditemui di lokasi acara mengatakan bahwa destinasi potensi wisata dan potensi seni budaya yang ada di satu daerah adalah satu aset yang sangat mahal yang harus dijaga dan dikembangkan secara bersamaan.

"Sebagai salah satu Provinsi baru, destinasi potensi wisata dan seni budaya yang ada di Provinsi Banten baik dari seni tari, seni musik dan seni kearifan lokal yang lainnya harus dikelola secara baik dan bersamaan. Hal ini tidak bisa dikelola dan dikembangkan hanya dari satu aspek destinasi saja, agar ke depannya destinasi potensi wisata dan seni budaya kita bisa lebih baik, selaras, seimbang dan berkelanjutan," jelas Hj. Eneng.

Di tempat yang sama, Kabid Disbudpar Kabupaten Tangerang Leli Yuliawati yang didampingi Kasi Disbudpar Uu Ahmad Syafei menambahkan, "Kami tentunya sangat senang sekali, acara Pagelaran Seni dan Budaya Banten yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan Pengelola TMII, berlangsung sangat sukses. Ini mencerminkan bahwa kita patut dan harus terus melestarikan seni budaya Banten yang sangat kita cintai, da jangan sampe anak cucu kita tidak mengenal apalagi sampai melupakan seni dan budaya warisan leluhur kita,” pungkasnya. (Widya)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »