Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

DPMPD Tojo Una-Una Gelar Bintek Aplikasi Smart Desa

Diposting oleh On 8:09 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, PALU  – Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMPD), melaksanakan Sosialisasi Bimbingan Tehnik (BIMTEK) Aplikasi Smart Desa (ASD) selama tiga hari 21-23 Mei 2017 di salah satu hotel bintang tiga di Palu, Sulawesi tengah.

Hasan Lasianta mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan penerapan  sebuah aplikasi yang memberikan kemudahan administrasi  dan data data desa salah satunya data kependudukan, data pernikahan, data kelahiran serta keseluruhan data yang terkait dengan kondisi wilayah Desa. “Sehinga dalam pelayanan mayarakat bisa memberikan kemudahan bagi Masyarakat Desa,” terang Hasan kepada Nasional Xpos.

DPMPD Sebagai Pelaksana kegiatan Bimtek menfasilitasi kegiatan ini, agar dapat terlaksanan dengan baik. Kegiatan ini, merupakan yang pertama kalinya dilaksakan oleh pemerintah Kabupaten Tojo Una Una. “Kedepannya akan kami kembangkan, sehingga apliakasi  Smart Desa tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” ungkap Hasan.

Diterangkannya, untuk kegiatan ini,  pihak penyelenggara telah menentukan tempat kegiatan dihotel ini dengan standar kegiatan wajib dilaksanakan di hotel bintang tiga yang seharusnya di laksanakan di Jakarta. “Namun dikarenakan kondisi keadaan dan waktu yang tidak memungkinkan maka pelaksanaannya ditetapkan di kota Palu,” jelas Kadis DPMPD.

Hasan menambahkan, untuk peserta kegiatan bimtek kali ini, diikuti 97 desa dari masing masing desa diikuti  3 orang peserta, dimana kami berharap kegiatan bimtek ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta sehingga dengan adanya pemanfaaatan aplikasi,d ata-data di Desa agar lebih tertib admisitrasi dan juga dapat memberikan kemudahan pelayanan yang cepat bagi masyarakat.” Tutupnya.

Di tempat yang sama, ketua panitia kegiatan Amir mengatakan, mengenai aplikasi smart desa tersebut sangat penting dengan tujuan percepatan pelayanan administrasi di Desa. Hal ini sangat penting bukan cuma saja di  ibukota dan Kabupaten saja namun di Desa masih banyak ditemui permasalahan desa yang sangat signifikan sehingga dengan adanya Aplikasi Smart Desa tersebut, sangat membantu pihak pemerintah Desa sehingga dapat memiliki akses yang lebih cepat dalam hal pengurusan , surat keterangan  dan lain lain yang sangat berbelit belit.

“Sistem ini mengimplementasikan pelayanan desa dimana diatur dalam  Kemendagri nomor 2 tahun 2017 tentang  standar pelayan desa,” pungkasnya. (Andrew)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »