Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Buka Konferensi PWI Provinsi Jambi

Diposting oleh On 8:45 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI – Mengakhiri sambutannya Gubernur Jambi H. Zumi Zola, S.TP, MA  membuka secara resmi Konferensi Provinsi (Konfrenprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi ditandai pemukulan gong sebanyak lima kali yang dilaksanakan di Novita Hotel Jambi, Sabtu malam (6/5/2017). 

Konfrenprov PWI Jambi dihadiri Ketua Bidang Koordinator Daerah PWI Pusat Attal Depari, Anggota DPR RI Dapil Jambi Sutan Adil Hendra Nasution, Forkompinda Provinsi dan Kota Jambi, Kabag Humas Kota Jambi Abu Bakar, Usman Ermulan (Tokoh Pers Jambi) dan sebanyak 252 Peserta konfrensi provinsi PWI Jambi. 

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi H. Zumi Zola meminta agar wartawan yang tergabung di Organisasi PWI Jambi agar mampu untuk membentengi dan memghindari berita-berita Hoax (bohong) yang kini marak di media sosial dan media online. Hal ini juga tidak terlepas dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang kini membiat masyarakat semakin mudah membuat berita-berita hoax, namun tidak bisa dipertanggung jawabkan. Sebab berita-berita Hoax ini jelasnya bersifat negatif dan sangat membodohi masyarakat dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Peranan wartawan sangatlah penting, salah satunya upaya untuk meningkatkan kualitas wartawan di Provinsi Jambi adalah program uji kemampuan wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jambi, dan kami sangat mendukung dengan program ini. Tentunya dengan program tersebut malah menambah ilmu untuk wartawannya, apalagi sekarang ini kebutuhan masyarakat akan informasi sangatlah tinggi. Jadi kualitas wartawannya juga harus meningkat," kata Zumi Zola.

Dengan berkembang pesatnya media online, tentunya wartawan harus dituntut profesional dan menjaga kode etik Jurnalis dalam menyajikan berita serta sebagai rekan kerja pemerintah, PWI sangatlah penting.

“Apalagi sekarang ini banyak beredar berita hoax yang dibuat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Sekarang ini banyak yang membuat berita kebencian dan hoax yang membodohi masyarakat. Saya berharap PWI dan para wartawan agar bisa memerangi berita hoax ini dengan membuat berita yang baik dan menjunjung tinggi kode etik wartawan," ujar Zola. 

Gubernur meminta agar tercipta kerjasama yang baik antara pers dengan dengan Biro Humas Provinsi Jambi dalam pemberitaan pembangunan Provinsi Jambi. Zumi Zola mengakui dirinya memberikan kemudahan akses kepada wartawan dalam mengkonfirmasi berita secara 24 jam. Bahkan aplikasi Google Play Store “Gubernur Jambi Menjawab” sengaja dibuat untuk menampung aspirasi masyarakat. 

“Kita dulu hanya mendapat informasi dari surat kabar, televisi dan radio. Sekarang dengan keberadaan media online informasi sangat mudah diakses oleh masyarakat dalam hitungan menit dan bahkan detik,” ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Konfrensi provovinsi PWI Jambi H. Ridwan Agus mengatakan terimakasih atas bantuan semua pihak sehingga Konfrenprov PWI Jambi bisa berjalan dengan baik. 
Dikatakannya, peserta Konfrenprov PWI Jambi terdiri dari 127 Anggota Biasa dan 125 Peninjau. Ridwan Agus juga meminta maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan Konfrenprov PWI Jambi. 

Ketua PWI Jambi Periode 2008-2017 Drs Mursid Sonsang mengapresiasi kehadiran Gubernur Jambi H Zumi Zola dan sejumlah tamu undangan yang hadir pada Konfrenprov PWI Jambi. “Saya juga meminta maaf jika ada kekurangan dalam memimpin PWI Jambi sejak 2008 hingga 2017. Saya juga berharap semoga Konfrenprov PWI Jambi berjalan kondunsif dan memilih ketua dan pengurus yang mampu untuk mensejehataran seluruh anggota PWI Jambi,” katanya. 

Sementara Ketua Bidang Koordinator Daerah PWI Pusat Attal Depari juga mengapesiasi kehadiran Gubernur Jambi H Zumi Zola, Anggota DPR RI Dapil Jambi Sutan Adil Hendra Nasution, Usman Ermulan (Tokoh Pers Jambi) dan seluruh wartawan yang hadir pada Konfrenprov PWI Jambi. 

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada senior saya dan juga Tokoh Pers di Jambi Daniel Sijan. Ada bapak itu, hadir rupanya duduk di belakang. Rendah hati meski senior mau duduk dibelakang. Semoga Konfrenprov PWI Jambi yang dilaksanakan selama dua hari terlaksana dengan baik,” katanya.

Attal Depari juga menekankan agar pemilihan Ketua PWI Jambi, Ketua DKD PWI Jambi dan pengurus lainnya dilakukan secara musyawarah mufakat. “Jika cara itu tidak bisa diwujudkan dilakukan secara demokrasi terbuka lewat voting,” tandasnya. (is/rud)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »