Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

Lacak Jambi Hasil Karya, Kreasi dan Karsa Anak Negeri Jambi

Diposting oleh On 7:11 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI - Lacak itu hasil karya, kreasi dan karsa anak negeri Jambi, tidak ada hubungannya dengan Marwah Adat Melayu Jambi. Silahkan dipakai dengan bentuk, warna dan kreasi apa saja sesuai kebutuhan dan asal ada namanya. Hal ini disampaikan oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi saat diskusi bulanan Dewan Riset Daerah di kantor Balitbangda provinsi Jambi, Selasa (23/05).

Dijelaskan oleh Datuk Drs. H. Azrai Al-Basyari, bahwa Lacak adat Jambi yang ada itu, 3 buah yaitu Pucuk Rebung, Kepak Ayam Patah dan Gagak Hinggap. "Semuanya boleh dimodifikasi dengan bahan batik Jambi biak biso dipake anak-anak mudo," terang Datuk Azrai sapaan akrabnya.

“Seumpama kalo kepak ayam patahnyo kepanjangan boleh dipendekkan, lacak pucuk rebung kalo ketinggian boleh dipendekkan, karena dak ado dalam aturannyo ketiga lacak adat tu tentang ukurannyo, baik panjang pendek dan harus pake bahan beludru," jelas Datuk Azrai. 

Malah Datok Azrai meminta komunitas Lacak Kreasi Jambi untuk membuat model-model Lacak. “Kreasi sesuai dengan namo yang ado hubungannyo dengan Jambi," ujar Datuk Azrai.
Datuk Azrai juga, siap untuk membantu memberikan artikulasi dan penjelasannya terkait nama lacak kreasi tersebut.

Sementara itu, Aswan Usman salah seorang tokoh muda Jambi sekaligus pengurus HIPMI Jambi yang juga pegiat Lacak Kreasi Jambi, yang sangat ingin mengembangkan Lacak Jambi berharap supaya para pengrajin Lacak Kreasi Jambi jemput bola, kumpulkan teman-untuk bertemu Datuk Azrai Al-Basyari. "Sayo bangga dan hormat pada Datuk Azrai yang penuh semangat dan mensupport penuh booming Lacak Kreasi Jambi saat ini," ungkap Aswan.

Aswan menambahkan, “Bagi kawan-kawan yang dak suko pake Lacak Kreasi Jambi tolong jangan dipake, jangan krasak krusuk dak tau aguk. Biarlah anak-anak muda yang bangga akan budaya Jambi berkreasi, berinovasi dan berkreatifitas untuk mengangkat Lacak Jambi menjadi kebanggaan Jambi di mata Nasional dan dunia," tutup Aswan. (is)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »