Diberdayakan oleh Blogger.

Rapat Paripurna DPRD Bungo Penyampaian Nota Pengantar Bupati Tentang Ranperda

Diposting oleh On 3:10 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO - Dalam rangka pelaksanaan Implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, DPRD kabupaten Bungo menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Bupati Tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), di ruang aula DPRD kabupaten Bungo, Selasa (16/5/2017).

Ketua DPRD Bungo Ria Mayang Sari SH sebelum membuka rapat terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada Sekwan untuk membacakan daftar hadir guna menentukan quorum sesuai atau tidak. Seusai pembacaan daftar hadir anggota rapat. Kemudian Ketua DPRD membuka secara resmi rapat yang dilanjutkan dengan arahannya.

Ketua DPRD mengatakan bahwa pelaksanaan rapat hari ini merupakan Implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. "Pembentukan Perda didefenisikan dalam pasal 1 angka 18 peraturan menteri dalam negeri nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah sebagai pembuatan peraturan perundang-undangan daerah yang mencakup tahapan perencanaan, penyusuan, pembahasan, penetapan, pengundangan dan penyebarluasan,"kata Ria.

Ria menyampaikan, nota pengantar Bupati tentang Ranperda kepada DPRD pada substansinya menguraikan tentang latar belakang, tujuan dan sasaran yang hendak dicapai melalui pembentukan Perda. Setelah memberian arahan dilanjutkan dengan pemberian waktu kepada Bupati Bungo untuk membacakan Nota pengantar Bupati tentang Ranperda.

Ketua DPRD menambahkan, terkait untuk penyampaian Nota pengantar Bupati tentang Ranperda tentang penyertaan modal pemerintah daerah pada PT.Bank Jambi, Ranperda pencabutan Perda Nomor 15 tahun 2015 tentang penjualan kenderaan dinas, Ranperda perubahan atas Perda Nomor 6 tahun 2010 tentang retribusi rumah potong hewan, dan Ranperda tentang pencabutan atas Perda Nomor 33 tahun 2008 tentang pengelolaan Air Bawah Tanah dan Permukaan. “Semua akan kita pelajari dan dikaji terlebih dahulu," terangnya.

Bupati Bungo H. Mashuri, SP, ME dalam pembacaan Nota pengantar Bupati tentang Ranperda mengatakan, bahwa karena Perda ini sangat penting sebagai acuan dalam pemerintahan sehingga diharapkan agar DPRD memprosesnya sesuai dengan mekanisme yang ada. “Adapun Perda yang kami ajukan yaitu Ranperda tentang penyertaan modal pemerintah daerah pada PT. Bank Jambi, Ranperda pencabutan Perda Nomor 15 tahun 2015 tentang penjualan kendaraan dinas, Ranperda perubahan atas Perda Nomor 6 tahun 2010 tentang retribusi rumah potong hewan, dan Ranperda tentang pencabutan atas Perda Nomor 33 tahun 2008 tentang pengelolaan Air Bawah Tanah dan Permukaan,” tutur Mashuri.

Sedangkan perubahan terhadap Perda yang sudah ada merupakan jawaban atas tantangan bagi kita untuk terus meningkatkan kerja keras dengan selalu berpedoman pada ketentuan pelaksanaan sistem pengendalian intern dan kepatuhan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. "Pengajuan keempat Ranperda yang kami maksud adalah untuk membangun daerah serta memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat khususnya kabupaten Bungo yaitu masalah peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat," unngkapnya.

Tampak hadir dalam rapat Paripurna ini, selain ketua dan Wakil Ketua DPRD Bungo serta Bupati Bungo, juga ada Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd, para unsur Forkompinda lainnya, para anggota DPRD kabupaten Bungo, para pimpinan OPD di lingkup pemkab Bungo, dan para undangan lainnya. (hen)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »