Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

Jelang Idul Fitri, Dinkes Kota Tangerang Sidak Makanan Layak Kosumsi

Diposting oleh On 1:05 PM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, KOTA TANGERANG - Dalam rangka pengawasan makanan layak kosumsi jelang hari raya Idul Fitri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang bersama Dinas terkait dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar modern dan pasar tradisional serta mall yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Pangan (Kasi Kesling dan Pangan) Dinkes Kota Tangerang, Budi Mulyana mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukakan dalam rangka pengawasan peredaran makanan layak konsumsi di delapan lokasi menjelang hari Raya idul Fitri.  

“Dalam pelaksanaannya, Dinkes bekerja sama dengan Disperindag, Dinas Ketahanan pangan dan BPOM Provinsi Banten. Bersama-sama lakukan sidak di delapan  lokasi, di antaranya pasar modern dan pasar tradisional serta mall yang ada di Kota Tangerang,” terang Budi, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, hal ini di lakukan dalam rangka mewaspadai makanan tidak layak konsumsi. “Al hasil Dinkes berhasil menemukan makanan yang mengandung zat berbahaya sejenis formalin pada tahu dan mie  di salah satu pasar di Kota Tangerang, yang selanjutnya pedagang tersebut di berikan peringatan dan juga pemahaman terkait bahaya formalin,” jelas  Kasi Kesling dan Pangan.

Budi menghimbau kepada masyarakat agar selektif dalam memilih makanan yang akan di konsumsi, yaitu makanan yang terjaga kebersihan dan tidak mengandung zat berbahaya dalam makanan tersebut.

Jelang lebaran, biasanya masyarakat membeli parsel untuk d jadikan hadiah, Budi berharap agar masyarakat dapat memperhatikan masa kadaluarsa yang tertera di bungkus makanan tersebut. Biasanya kata budi, modus oknum pedagang parsel, tanggal kadaluarsa pada makanan kemasan tulisan kadaluarsa ditutup, sehingga tidak terbaca oleh pembeli.

“Masyarakat sebagai konsumen, sebaiknya sebelum membeli, memilih makanan yang bisa dilihat secara utuh masa kadaluarsanya,” pesannya. (ADV)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »