Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

Timbulkan Bau Tak Sedap, Tempat Pembuangan Sampah Ditutup Warga

Diposting oleh On 4:48 PM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA - Tempat pembuang sampah sementara (TPA), di Dukuh Sawahan Rt 04, Rw 05, Kelurahan Ngawen, Kecamatan Ngawen, Blora, ditutup warga. Pasalnya, selain di keluhkan warga keberadaannya juga menimbulkan bau yang kurang sedap, dan mengakibatkan warga mengalami sakit sesak nafas.

Ketua Rt 04,Yasminto mengakui pihaknya dan warga melakukan aksi penutupan TPS. Ini dilakukan karena tempat sampah ini sering digunakan warga untuk membuang buang sampah sembarangan terutama para pengendara yang melintasi sehingga membuat sekitar lokasi kotor.

“Agar lokasi ini tidak kembali di jadikan sebagai lokasi pembuangan sampah liar, maka para pengurus RT, RW bersama warga, sepakat menutupnya. Selain itu kami juga akan pasang spanduk atau plang larangan membuang sampah di lokasi ini,” kata Yusmanto, Selasa (6/6/2016).

Pemasangan spandul larangan ini dilakukan dengan tujuan agar kedepan tidak ada yang membuang sampah di lokasi. Bukan hanya itu pihaknya juga akan mengenakan denda bagi yang nekat membuang sampah dilokasi.

Selain itu kedepan pihaknya juga akan bekerja sama warga dan pengurus RT/RW untuk menggelar operasi tangkap tangan. Diharapkan cara ini akan membuat masyarakat jera dan kedepan tidak mengulangi perbuatannya.

Yasminto juga menghimbau seluruh komponen yang ada untuk bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih, indah dan sehat, salah satunya caranya dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat terutama di kali maupun saluran.

Petugas angkut sampah di pemukiman Rw 5, Anto (30) juga kebingungan terkait penutupan TPS itu. Karena hingga saat ini, dirinya belum mengetahui lokasi tempat pengganti TPS. “Kalau memang jadi ditutup, kita buang sampah di mana lagi,” ucap Anto.

Anto menyayangkan langkah yang diambil Warga. TPS tersebut merupakan satu-satunya tempat pembuangan sampah untuk wilayah Ngawen. “Memang ini tanah milik salah satu warga, tapi kami berharap pemerintah juga mau perduli terhadap warga,” katanya.

Sementara itu, Camat Ngawen, Sunanto menyatakan pihak pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora sudah mengupayakan tempat pembuangan sampah yang baru serta jauh dari pemukiman warga. “Kami beserta Kepala Kelurahan terus berupaya mencarikan tempat pembuangan sampah yang lebih layak serta jauh dari rumah penduduk, agar tidak menimbulkan penyakit,” tandasnya. (pri)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »