Diberdayakan oleh Blogger.

Wagub Jambi Sambut 414 Prajurit Usai Dilatih Kopassus di Bandung

Diposting oleh On 8:54 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar M.Hum menyambut 414 orang prajurit peserta Latihan Pembentukan Raider Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya di markas Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya Kasang Jambi, Selasa (20/6/2016). 

Wagub sangat mengapresiasi upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Tentara Nasional Indonesia (TNI), diantaranya dengan Latihan Pembentukan Raider Batalyon Infanteri 142/Ksatria Jaya, yang akan meningkatkan kompetensi prajurit TNI yang mengikuti latihan tersebut.

414 orang prajurit tersebut dilatih oleh Kopasussus selama 3 bulan di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus di Bandung dengan silabus materi yang tersusun dari materi pengetahuan militer umum, materi aplikasi teknik, dan materi taktik militer.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda Provinsi Jambi, jajaran petinggi TNI dan Polri.

Wagub menjelaskan bahwa TNI sebagai pelaksana utama sistem pertahanan negara yang efektif dan komando teritorial terendah yang dapat melaksanakan  ketahanan negara. “TNI AD tidak diragukan lagi ketika menjalankan fungsinya untuk menangkal setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari dalam maupun luar negeri, TNI juga memiliki fungsi penindakan terhadap setiap bentuk ancaman dan fungsi pemulihan terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan. Inilah doktrin dasar TNI tentang wawasan nusantara dan ketahan nasional,” ujar Wagub.

Wagub menyampaikan, prajurit yang telah dibentuk sebagai Raider ini diharapkan dapat terus menjaga kebersamaan dan kekompakan terutama untuk menjaga keutuhan NKRI. ”TNI sebagai pelaksana utama sistem pertahanan negara saya harapkan tetap bersama dan kompak untuk menjaga NKRI, dan masyarakat juga harus terlibat ikut serta membantu TNI/Polri untuk bersama-sama menjaga keutuhan negara ini dari ancaman-ancaman yang ingin memecah belah negara kita,” jelas Wagub.

“Latihan ini menjadi salah satu bukti empirik TNI dalam menjaga kepentingan nasional yang bersifat mutlak yaitu menjaga NKRI, menjaga dari segala bentuk ancaman disintegrasi bangsa kita yang heterogen, multi identitas dan sedang menyempurnakan transisi demokrasinya. Dengan adanya latihan ini masyarakat Provinsi Jambi tentunya semakin merasa aman dalam beraktivitas, secara sederhana diartikan sebagai keadaan masyarakat yang bebas dari bahaya, kecemasan, dan ketakutan” tutur Wagub. (fa)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »