Today's Headline

Diberdayakan oleh Blogger.

Bupati dan Unsur Forkopimda Bungo Kunjungi Lapas Kelas II B Muara Bungo

Diposting oleh On 9:51 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO - Sebagai bentuk kegiatan rutin tahunan, seusai tabur bunga di TMP Satria Negara Muara Bungo, Bupati dan unsur Forkopimda Bungo melanjukan kegiatan dengan mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muara Bungo, Kamis (17/8/2017) kemarin.

Kedatangan rombongan Bupati tentu sudah dinanti-nantikan oleh para narapidana yang akan mendapatkan remisi di HUT RI ke72 ini. Tentunya, para narapidana ini berharap kembali bisa menarik napas lega, karena biasanya banyak dari para narapidana tersebut ada yang mendapatkan pengurangan masa hukuman yang dikenal dengan istilah pemberian remisi yang rutin diberikan setiap tanggal 17 Agustus dalam rangka menyambut HUT RI setiap tahunnya.

Kepala Lapas kelas II B Muara Bungo, Djoko Budi Setianto dalam laporannya mengatakan, bahwa tahun ini, Lapas kelas II B Muara Bungo memberikan remisi umum kepada 207 orang, 22 terkait PP 99 dan remisi umum II sebanyak 2 orang, dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 tanggal 17 Agustus 2017.

Kemudian dijelaskannya, bahwa sebelumnya Lapas kelas II B Muara Bungo telah mengusulkan sebanyak 229 orang untuk mendapatkan remisi umum I, akan tetapi hanya sebanyak 207 orang yang disetujui. Dari remisi yang diberikan tersebut dibagi menjadi dua  kategori yaitu remisi umum I dan remisi umum II.

“Remisi umum I merupakan remisi yang diberikan kepada narapidana yang setelah mendapatkan remisi masih harus menjalani sisa hukuman, sedangkan remisi umum II adalah remisi yang diberikan kepada narapidana setelah mendapatkan remisi langsung bebas dari masa tahanan,” kata Djoko Budi.

Adapun narapidana yang mendapatkan remisi umum I berjumlah 207 orang dan yang mendapatkan remisi umum II yaitu berjumlah 2 orang, kemudian ada 22 orang lainnya masih menunggu SK terkait dengan Peraturan Pemerintah nomor 99, hal ini tidak lepas dari Keputusan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam menyeleksi persyaratan yang dipenuhi untuk mendapatkan remisi,” beber Djoko Budi.

Diterangkan oleh Djoko Budi, bahwa semua kategori mendapatkan remisi dari Lapas.  Misalnya, untuk kategori narapidana narkoba, biasanya lama remisinya berbeda-beda. Ada yang satu bulan ada empat bulan tergantung dari penilaian pihak Dirjen," tutup Djoko Budi.

Bupati Bungo, H Mashuri SP ME kepada warga binaan Lapas Kelas II B Muara Bungo terlebih dahulu mengucapkan selamat HUT RI ke-72. Kemudian Bupati mengucapkan selamat kepada para warga binaan Lapas yang telah mendapatkan remisi. Dengan diterimanya remisi ini dapat memberikan motivasi dan semangat untuk berubah menjadi lebih baik.

Usai memberikan sambutan dilanjutkan dengan pemberian remisi kepada para narapidana.
Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Bungo H Mashuri SP ME, Wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwipriyanto S Pd, unsur Forkopimda kabupaten Bungo, beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemkab  Bungo dan tamu undangan lainnya. (hen)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »