Diberdayakan oleh Blogger.

Camat Teluknaga: Akan Persiapkan Sarana Mendorong Masyarakat Untuk Hidup Bersih dan Sehat

Diposting oleh On 8:20 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, KABUPATEN TANGERANG - Masyarakat Teluknaga menggelar sosialisasi peduli lingkungan bersih dan sehat, dibantaran sungai Kampung Melayu Timur, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (22/8/2017).

Acara dihadiri Camat Teluknaga Supriyadi S.STP, ibu Manik mewakili Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang,Kepala Desa Kampung Melayu Timur Jamaludin, Kepala Desa Teluknaga Surachman, Babinkamtibmas Kampung Melayu Timur, Ketua Dewan Pendiri Aptara Sapri S.SOS, Forum KSM, Ketua Luas dan Pramuka serta undangan lainnya.

Camat Teluknaga, Supriyadi menerangkan, mandi cuci kakus (MCK) yang terpenting adalah Sanitasi yang merupakan salah satu urusan wajib Pemerintah Kabupaten atau Kota, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 sesuai pasal 13 dan 14 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

Camat Teluknaga mengingatkan, “Bahwa kita akan membuat MCK dan masyarakat harus berkomitmen untuk tidak mandi di sungai, tidak mencuci di sungai dan tidak membuang sampah disungai,kami akan mempersiapkan sarana serta mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” janji Supriyadi.

Lanjutnya, "Kami punya peran untuk mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengalokasikan anggaran, sudah  saatnya segenap lapisan masyarakat di Kabupaten Tangerang, saat ini dan kedepan memberikan kepedulian dan perhatian yang besar terhadap sanitasi lingkungan pada kawasan tempat tinggal dan pemukiman," tegas Supriyadi.

Usai acara, kepada Nasional Xpos Camat Teluknaga, Supriyadi menerangkan, prioritas titik perhatian sanitasi meliputi perihal sumber air bersih, air limbah, persampahan dan drainase yang diawali dengan edukasi dan ajakan untuk lebih menimbulkan kesadaran masyarakat.

Menurut Supriyadi, rencana aksi daerah yang dituangkan dalam strategi sanitasi berbasis masyarakat, karena ternyata 75 persen kehidupan sehat masyarakat tergantung dari sanitasi lingkungan. Sedangkan peran pelayanan kesehatan masyarakat untuk kehidupan sehat hanya sekitar 20-30 pesen.

Camat Teluknaga menambahkan, salah satu bentuk aplikasi peduli sanitasi lingkungan yang dijalankan dan akan terus ditingkatkan adalah melakukan kegiatan jumat bersih (jumsih), gotong royong dilokasi fasilitas umum dan pemukiman, serta berbagai upaya menjaga dan melestarikan sumber-sumber air bersih," pungkasnya.(m.igor)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »