Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Lepas Calon Jemaah Haji Jambi

Diposting oleh On 9:37 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI - Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli S.TP MA berpesan kepada jemaah calon haji, untuk fokus menjalankan ibadah agar menjadi haji mabrur. Himbauan tersebut dikemukakan Zola Pelepasan Jemaah Calon (JCH) Provinsi Jambi Tahun 2017 M/1438 H Embarkasi Antara Jambi  di Asrama Haji Jambi, Kota Baru, Jum'at (18/08/2017) sore.

Dalam pelepasan jemaah calon haji tersebut, Gubernur didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia.
Zola mengatakan bahwa ibadah haji berbeda dengan menjalankan ibadah lainya, tidak semua mendapat kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah tersebut.

"Ada yang punya dana tetapi kesehatannya tidak mengizinkan, ada yang siap secara kesehatan tapi terkendala dengan biaya, ada yang punya dana mampu tapi hal lainya yang menghalanginya. Alhamdulillah Bapak ibu saudara menjadi hamba Allah yang terpilih dalam menjalankan perintah-Nya," kata Zola.

Gubernur berpesan kepada jemaah calon haji yang mau berangkat, melaksanakan ibadah haji menuntut kesiapan fisik dan kesehatan yang prima, perlu menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola makan. "Makan dan istirahatlah yang cukup, banyak minum air putih, makan sayur, buah-buahan, hindari makanan yang pedas, asam, makanan yang mengandung lemak yang bisa menganggu pencernaan. Pakailah masker dalam kondisi berdebu, alas kaki yang nyaman, serta hindari mendekati onta, jangan berfoto dengan onta sebab onta ada virus penyakit," pesan Zola.

Zola menceritakan pengalamannya waktu melaksanakan haji ke Tanah Suci, yakni ada dua do'a yang dimintanya. “Saya minta dua yaitu doa untuk keselamatan masyarakat Jambi dan kedua yaitu do'a minta keturunan, agar kami diberikan anak, dan saya sangat bersyukur sekali sewaktu kami pulang dan cek, ternyata istri saya hamil," ungkap Zola.

“Kepada jemaah, diharapkan agar menjaga kesehatan yang merupakan modal utama dalam beribadah, terlebih terhadap perubahan cuaca di Tanah Suci, dan harus memperhatikan kedisiplinan dan aturan yang ada sesuai petunjuk,” lanjut Zola.

Kepada pendamping dan petugas kesehatan jemaah calon haji, Zola berpesan untuk dapat menjalankan tugasnya memperhatikan semua jemaah Jambi. “Taati semua aturan, hormati dan ikuti pimpinan, jaga kesehatan, pelihara kekompakan, pupuk rasa saling asah, saling asih, dan saling asuh,” himbau Gubernur.

“Mohon doakan juga untuk seluruh masyarakat Jambi. Para pemimpin Jambi, gubernur, bupati/walikota, agar dalam menjalankan amanah ini diberikan kemudahan dalam membangun serta masyarakatnya sejahtera. Selamat berangkat menuju Tanah Suci Makkah Al-Mukarromah, semoga selamat dalam perjalanan pergi dan pulang serta mendapatkan haji mabrur, amiin,” pungkas Zola.

Dalam sesi wawancara, Zola mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dan Kanwil Agama Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kouta haji, supaya masyarakat jangan terlalu lama antri menunggu keberangkatannya. "Alhalmdulillah tahun ini sudah ditambah koutanya lebih dari 8 ratus orang. Tiap tahunnya kita harapkan bisa bertambah pemberangkatannya," kata Zola.

"Kita juga berharap semuanya pengurusan pemberangkatan haji dapat dipermudah, cukup di Jambi ini,” tutur Zola.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Thahir,M.HI menyampaikan, jemaah calon haji yang dilepas keberangkatannya oleh Gubernur Jambi ini adalah Kloter 20 Embarkasi Antara Jambi.

“Pada tahun ini, jumlah jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Antara Jambi sebanyak 2.923 orang ditambah petugas,” ujar Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi tersebut. (is)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »