Diberdayakan oleh Blogger.

Sherrin Buka Rakor Kader PKK se-Provinsi Jambi

Diposting oleh On 10:05 AM with No comments

Iklan

NASIONALXPOS.CO.ID, JAMBI - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia Zola buka Rapat Koordinasi (Rakor)  PKK se-provinsi Jambi, bertempat di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (29/8/2017). Acara tersebut dihadiri para Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, dan Kecamatan se-provinsi Jambi.

Istri Gubernur Jambi, Sherrin menitikberatkan kesatupaduan (sinergitas) program PKK kabupaten/kota se-provinsi Jambi dengan program PKK Provinsi Jambi, serta kesatupaduan program PKK dengan program pemerintah daerah, yang selanjutnya dalam lingkup provinsi Jambi terakumulasi mendukung program Jambi TUNTAS (Tertib Unggul Nyaman Tangguh Adil dan Sejahtera) visi Pemerintah Provinsi Jambi.

Penekanan tentang sinergitas PKK lintas kabupaten/kota se Provinsi Jambi dengan PKK Provinsi Jambi dan sinergitas program PKK dengan program pemerintah daerah tersebut dikemukakan oleh Sherrin dalam Rapat Koordinasi (Rakor) TP PKK Provinsi Jambi dengan TP PKK Kabupaten/Kota dan TP PKK Kecamatan se Provinsi Jambi dalam rangka Memperkuat Sinergitas TP PKK dalam Upaya Peningkatan Peran Camat dalam Mendukung Pencapaian Target Tahun Kedua Jambi TUNTAS tahun 2021.

Sherrin mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan merupakan wujud komitmen bersama dalam membantu pemerintah membangun negeri dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga. "Untuk mewujudkan hal ini, masing-masing pengurus PKK harus mampu berkoordinasi dan bersinergi dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing. Mudah-mudahan pertemuan ini dapat mengidentifikasi permasalahan dan solusi yang dapat dilakukan  untuk kemajuan tim penggerak PKK kedepannya dan pembangunan kesehatan keluarga," ujar Sherrin.

Sherrin mengemukakan, gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari bawah, yaitu dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga beriman dan bertaqwa.

"Dalam kerangka pencapaian tujuan program PKK tersebut tentunya sangat ditentukan oleh peran aktif penggerak PKK di semua tingkatan dalam menggerakkan, membimbing, dan membina masyarakat. Maju mundurnya program masyarakat sangat dipengaruhi oleh peran dan kiprah  tim penggerak PKK di lapangan. Untuk meningkatkan peran dan kiprah tersebut tentunya jajaran tim penggerak PKK harus betul-betul memahami tugas dan fungsinya serta memahami berbagai isu yang berkembang baik di tingkat kecamatan kabupaten provinsi sampai tingkat nasional,” jelas Sherrin.

Sherrin mengemukakan, masing-masing kabupaten/kota dan kecamatan memiliki potensi kebutuhan dan permasalahan yang berbeda. "Dengan perbedaan tersebut tentunya berbeda pula pelakon serta program dan kegiatan yang dilakukan dari berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan. Ada yang berhasil dan ada pula yang belum berhasil karena adanya berbagai permasalahan di setiap jenjang wilayah, yang hendaknya dapat dijadikan bahan evaluasi dan introspeksi kita, yang selanjutnya perlu kita tindak lanjuti dengan peningkatan kualitas para kader dan kepedulian masyarakat," ungkap Sherrin.

Sherrin menghimbau sekaligus menekankan kepada seluruh kader TP PKK untuk memberikan peranan yang benar-benar berarti bagi masyarakat, dan menggunakan setiap sen uang seluruhnya untuk kepentingan masyarakat. "Ketika kita meninggalkan rumah, maka kegiatan yang kita lakukan harus berguna bagi masyarakat, jangan ketika kita pulang tidak membawa apa-apa, dan kita juga harus menyadari bahwa saat ini kita sering sekali menyerap hal-hal yang memprovokasi kita, kita harus melindungi anak dan cucu kita dari hal hal yang menghancurkan generasi kita, itu tugas kita juga sebagai anggota PKK," terang Sherrin.

“Perlu kita pahami bersama bahwa keberhasilan gerakan PKK tidak hanya tergambar dari kesuksesan lomba-lomba yang diikuti, namun yang lebih penting adalah manfaat dari program yang kita laksanakan bagi masyarakat dan sebagai nilai tambahnya adalah tanda penghargaan,” tegas Sherrin.

“Rapat koordinasi ini mengartikan bahwa PKK akan melakukan review terhadap program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta langkah-langkah yang harus diambil untuk pelaksanaan program dan kegiatan kedepannya. Perlu saya sampaikan juga kepada Tim Penggerak PKK untuk dapat mensinergikan program kerja PKK dengan upaya-upaya percepatan pencapaian Jambi TUNTAS 2021,” tutur Sherrin.

Sebagai mitra kerja pemerintah, Sherrin berharap agar TP PKK masing-masing kabupaten/kota membuat paling tidak satu desa percontohan, yang selanjutnya diharapkan dapat menstimulasi desa-desa lainnya untuk berbuat dan bekerja lebih baik lagi.

Sherrin juga berharap supaya pertemuan tersebut menjadi ajang diskusi secara mendalam yang memberikan manfaat dan kontribusi bagi pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga di Provinsi Jambi. (is)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »