Diberdayakan oleh Blogger.

⁠⁠⁠Muhammadiyah BSD Tangsel Gelar Solat Idul Adha 1438 H

Diposting oleh On 12:55 AM with No comments

Iklan

 NASIONALXPOS.CO.ID, TANGSEL - Untuk pertama kalinya Organisasi Islam Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan wilayah BSD menggelar pelaksanaan sholat Idul Adha 1438 H, di area terbuka lapangan parkir Hypermarket, Jalan Kapten Soebianto Djojohadikusumo, Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (1/9/2017).

 Untuk penyelenggaraan acara tersebut, turut terlibat tiga Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) yang diharapkan sebagai sarana syiar ukhuwah Islamiyah, diantaranya PCM Serpong, yang telah ada sejak tahun 1988, PCM Pagedangan, berdiri sejak tahun 2010, dan PCM Serpong Utara, berdiri baru dua bulan lalu tahun 2017.

 Dalam pantauan awak media, pihak pejabat Pemkot Tangsel maupun perwakilannya tidak hadir dalam ratusan jamaah sholat tersebut. Karena sehari sebelumnya, dari keterangan Rochmadi, selaku ketua PCM Serpong sekaligus penanggungjawab acara, bahwa telah mengundang Wakil walikota Tangsel dan telah menyatakan ketidakhadirannya, namun akan ada perwakilannya.

 Sebelum acara, sambutan disampaikan Nurudin Hery Kustanto, selaku Ketua PCM Serpong Utara sekaligus Ketua panitia, mengatakan secara singkat, bahwa walaupun panitia penyelenggaranya ini dari Muhammadiyah, namun terbuka untuk umat muslim secara umum. Selanjutnya, pria yang logat dengan bahasa Jawa Timuran dan lebih suka disapa Hery itu juga memperkenalkan pengurus PCM Serpong dan PCM Pagedangan untuk tampil menghadap para jamaah, sekaligus ia juga mempersilahkan untuk memaparkan apa yang menjadi program kerjanya.


 Penyampaian dari PCM Serpong berdiri sejak tahun 1988 yang terdiri dari beberapa Ranting diantaranya ranting Setu, Serpong, Kademangan, Babakan, Suradita, dan lain-lain. Bahwa untuk tahun ini hewan yang di kurbankan ada 5 ekor Sapi dan 16 ekor Kambing.

Untuk program pendidikan PCM Serpong telah ada gedung SMP Muhammadiyah 03 Serpong, dengan Akreditasi A, kemudian SMK Muhammadiyah 02 Serpong dengan akreditasi B, kemudian MA Muhammadiyah 1 Tangsel, PAUD, dan sebagainya. Saat ini PCM Serpong juga sedang melakukan renovasi Masjid Roudatul Istiqlal. "Untuk itu kami bersama dengan PCM Serpong Utara mohon bantuan dananya untuk segera terselesaikan, karena saat ini baru 40 persen terselesaikan," pintanya. Kajian-kajian yang diselenggarakan PCM Serpong juga kerap dilaksanakan. "Kajian hari Sabtu dan Ahad pagi seusai Shubuh hingga pukul 07.30 Wib," tutupnya. 

 Sementara penyampaian, pengurus dari PCM Pagedangan, bahwa baru ada memulai pembangunan Klinik Muhammadiyah yang terletak di Jalan Raya Pagedangan. "Insyallah penggalangan dana dan mengontrak sebuah ruko dan bulan depan kami telah buka klinik tersebut," jelasnya. Dana dan fasilitas Klinik menurutnya sudah mencukupi, tetapi untuk operasional awal terusterang kami masih banyak kekurangan. Mudah-mudahan jamaah bisa membantu semua, sesuai dengan Motto Muhamadiyah.

Sementara penyampaian Apresiasi juga diutarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangsel, Burhanudin. 

Dituturkannya, bahwa PDM Tangsel, terdiri dari 6 Cabang, antara lain, Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, dan Serpong Utara. "Untuk Kantor Sekretariat Muhammadiyah Kota Tangsel sendiri terletak di Jalan Raya Puspiptek tepatnya di belakang Kelurahan Setu," tunjuknya.

Bertindak selaku Imam dan Khotib Sholat Idul Adha 1438 H, adalah Dr. Daud Rasyid, Lc, MA. Dalam ceramahnya antara lain bahwa Kemajuan Umat Muslim, diperlukan tiga modal, diantaranya, yakni

1. Bagaimana seseorang bisa tetap eksis jikalau tanpa perjuangan. 
Ormas Islam merupakan Bamper Pengaman umat Islam. "Merekalah wakil umat Islam untuk menyuarakan suara umat dalam berbagai bidang, diantaranya, pendidikan, sosial, politik, dan sebagainya," katanya.
2. Penguatan/pengokohan Ilmu Pengetahuan.
3. Soal Akhlak (mengaplikasikan nilai-nilai moral).


Dalam himbauanya bahwa, "Perbedaan yang kecil, tempatkan ia dalam posisi yang kecil, jangan yang kecil diperbesar, tapi yang besar juga jangan diperkecil," ucapnya. Masing-masing tempatkan dalam proporsi yang sebenarnya. 

Ujung tombak dalam membangun generasi muda, adalah belajar dari sejarah Nabi Ismail AS, pendidikan yang didasarkan nilai-nilai Ketuhanan.(Sg/Br)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »