Diberdayakan oleh Blogger.

Longsor susulan, 11 Warga Pacitan Terluka Saat Kerja Bakti

Diposting oleh On 10:26 AM with No comments

Iklan

 NASIONALXPOS.CO.ID, PACITAN - Paska bencana Tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan banyak menutup akses jalan-jalan. Untuk membuka akses jalan yang terputus tersebut warga Dusun Mantenan Desa Sidomulyo melakukan kerja Bakti bersama. Namun naas saat warga sedang melaksanakan kerja bakti membuka jalan, tebing yang berada di sisi jalan tiba-tiba longsor dan menimpa 11 warga desa yang sedang bergotong royong, Minggu (14/1/2018).

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Sidomulyo, Agus Susanto menuturkan, pada pukul 08.00 WIB, warga Dusun Mantenan Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung melaksanakn kerja bhakti, untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor yang sudah dikerjakan warga hampir 2 Minggu. Karena jalan penghubung antara Desa Sidomulyo dengan Desa Klesem Kecamatan Kebonagung yang tertutup matrial longsor.

“Namun naas pada saat sedang melakukan kerja bakti tersebut tebing di sisi jalan yang sedang di kerjakan mengalami longsor. Sekira pukul 11.30 WIB, terjadi longsor yang mengakibatkan 11 orang warga yang sedang melaksanakan kerja bakti mengalami luka luka akibat terkena gunturan batu dan tanah," tutur Agus.

 Sementa Kepala Desa Sidomulyo, Mujono menjelaskan, kejadian longsor  yang mengakibatkan 11 orang warga Dusun Mantenan Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung Pacitan mengalami luka-luka pada saat melaksanakan kerja bhakti, disebabkan kondisi tanah yang labil serta curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tebing longsor.

"Ada 11 orang warga mengalami luka berat dan ringan, dengan rincian 7 orang luka berat dan 4 orang luka ringan, dan saat ini 11 korban dibawa ke Puskesmas dan RSUD Pacitan untuk mendapatkan penanganan medis," jelas Kades.

Lanjut Kades, pada saat kejadian, Babinsa dan Babinkamtibmas bersama masyarakat mengevakuasi warga yang terluka untuk dibawa ke Puskesmas terdekat dan RSUD Pacitan untuk segera diberikan pertolongan. Atas kejadian tersebut perlu di sampaikan kepada warga sekitar untuk selalu berhati hati dalam malaksanakan aktivitas apabila hujan karena sangat tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor yang mengakibatkan kerugian lebih besar.

"Kami menghimbau kepada warga sekitar agar tidak mendekati TKP karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan," tandasnya. (tyo)

Iklan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »