oleh

Bupati Buka Khitanan Masal Pertamina RU. IV Cilacap

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP -Bertempat di Hospital Cilacap PHC , Sabtu (15/12/2018) diadakan kegiatan bakti sosial yang berupa kegiatan Khitanan masal yang dilaksanakan selama dua hari, dan dimulai pada hari Sabtu sampai dengan Minggu Tanggal 16 Desember 2018. Tidak kurang dari 500 anak-anak mengikuti khitanan masal, yang diselenggarakan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

Bupati Cilacap H.Tato suwarto Pamuji berkesempatan membuka acara tersebut, hadir juga dari Dinas Kesehatan, Jajaran Pertamina RU IV Cilacap .

GM Pertamina RU IV Djoko Priyono menyampaikan khitan sangat berpengaruh kepada kesehatan dan kebersihan. Pertamina bersama dengan Bazma dan BDI memiliki kepedulian pada hal itu, sehingga khitanan massal menjadi kegiatan rutin Pertamina .

Lebih lanjut Djoko Priyono mengatakan, data terakhir menunjukkan khitanan massal diikuti 492 anak dari seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Cilacap.

Peserta khitanan massal berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Cilacap termasuk dari Kampung Laut. Bahkan, khitanan massal tersebut tidak hanya diikuti anak-anak yang beragama Islam karena 10 anak di antaranya non-Muslim, yakni tiga anak beragama Kristen dan tujuh anak beragama Katolik.

Menurut dia, keikutsertaan anak-anak nonmuslim itu dikarenakan khitanan pada dasarnya untuk kebersihan dan kesehatan. “Oleh karena itu, Pertamina peduli terhadap masyarakat di sekitar operasional kilang agar mereka juga peduli terhadap aspek kesehatan.

Di samping itu, khitanan massal ini juga merupakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) kami bekerja sama dengan BDI (Badan Dakwah Islam) dan Baituzzakah Pertamina (Bazma),” katanya.

Djoko priyono menambahkan, Sebelumnya dari Pertamina Marketing sudah mengkhitankan 100 anak, sehingga total ada 592 anak yang dikhitan. Sasaran utama peserta khitanan massal adalah masyarakat dari kalangan bawah atau tidak mampu yang berasal dari wilayah Cilacap dan sekitarnya, yakni Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Jeruk Legi, Kesugihan, bahkan Kecamatan Kampung Laut, usia termuda 5 taun dan yang tertua adalah 14 tahun.

Bupati Cilacap H.Tato suwarto Pamuji pada sambutanya menyampaikan , apreasiasi yang tinggi serta terimkasih kepada Pertamina yang telah rutin mengadakan kegiatan bhakti social khitan masal gratis untuk warga Cilacap . Serta kegiatan CSR lainya yang bertujuan untuk membantu masyarakat Cilacap, semoga kedepan Pertamina semakin lancar dalam meproduksi ketersediaan BBM di tanah air .

Melihat animo yang begitu besar terhadap peserta khitan massal dari tahun ke tahun, Bupati mengusulkan agar kedepan kegiatan Khitanan masal di laksanakan per semester, sehingga dalam penjaringan peserta khitan akan mudah karena sesuai dengan agenda libur sekolah .

Pada kesempatan tersebut para peserta khitanan massal juga mendapatkan bantuan berupa kopiah, baju koko, sarung, sandal, dan uang saku. (junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE