oleh

Rakor Sekdes, Camat Tekankan APBDes Manual 2019 Harus Selesai Sebelum Bimtek SiskeuDes

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Mengawali kegiatan di awal tahun 2019, Kecamatan Wanareja menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) sekdes se Kecamtan Wanareja yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Wanareja Rabu (09/01/2019).

Menurut Bintang Dwi Cahyono. AP. MM, rapat koordinasi bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja seluruh perangkat desa dalam empat bidang kegiatan pokok, yaitu penyelengaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Tanggal 25, 26, 27 Januari 2019 akan dilaksanakan bimtek Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) untuk itu saya tekankan APBdes Manual 2019 harus segera diselesaikan, supaya bisa di input saat Bimtek, tandas Bintang.

Kecamatan Wanareja masih banyak Desa yang belum menyekesaikan APBDes untuk tahun 2019, ” kalau memang ada kesulitan, harusnya pemerintah Desa bisa menanyakan ke Pemdamping Desa yang ada” imbuh Bintang.

Rakor Sekdes yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Wanareja, yang seharusnya diikuti seluruh sekdes yang ada, ternyata masih ada sekdes yang tidak datang, hal ini membuat, Dra. Ismiyatiningsih Sekcam, mengeluarkan keritikan, ” rakor sekdes ini adalah hal penting, seharusnya sekdes datang semua, seandainya tidak bisa datang, bisa diwakilkan” tandas Ismiyatiningsih.

Sementara Jojon Sitrisno Kasitepem Kecamatan Wanareja dalam sambutanya menyampaikan hasli Rakor di Dispermades yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

Rakor sekdes harus segera dilaksanakan, ” alhamdulillah kita hari ini bisa melaksanakan rakor sekdes” kata Jojon.

Terkait APBDes 2019, senada dengan Camat bahwa sebelum pelaksanaan Bimtek SiskeuDes harus selesai semuanya, harap Jojon.

Sementara Tunjangan Hari Raya (THR), untuk perangkat desa bisa dianggarkan dalam APBD dan masuk kedalam Siltap yang 30 persen dan untuk operasional RT/RW bisa dieberiman untuk kegiatan masyrakat, seperti Kerja Bakti, dan didokumentasikan. Setelah itu bisa dilaporkan ke Kepala Desa hasil kegiatan tersbut, untuk pencairan dana operasional, papar Jojon. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE