oleh

Pengerjaan Drainase di Desa Cikumben Diduga Dikerjakan Asal Jadi

NASIONALXPOS.CO.ID, Pandeglang – Proyek pekerjaan drainase yang sedang dilaksanakan di Desa Cikumben, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, diduga dikerjakan asal jadi karena kurangnya pengawasan dan arahan dari pihak kecamatan maupun tim pendamping desa.

Hal tersebut nampak dengan tidak adanya papan nama pekerjaan, yang mana seharusnya terpasang untuk diketahui nama pekerjaan, nilai volume, serta anggaran dari dinas terkait.

Udin, salah satu warga setempat mengatakan bahwa pekerjaan drainase Desa Cikumbuen, Kecamatan Mandalawangi ini dikerjakan oleh masyarakat Ckumbuen, ” Kalau kerjanya pakai sistem borongan, tapi untuk harga per meternya saya tidak tahu,” ungkapnya pada NX. (02/02).

Ditemui di kediamannya, Kepala Desa Cikumbuen, Ade mengatakan bahwa pekerjaan drainase di Kampung Ramea Pasir ini panjangnya 96 meter dengan nilai anggaran sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) tahap tiga, tahun 2018.

“Adapun hasil yang terlihat seperti angka tujuh, artinya dugaan ada sistem mark up bahan matrial, serta asal pelaksanaanya. Terkait pekerjaan sepanjang tanah yang di bungkus adukan dan batu saya kurang paham, mungkin hal itu karena sedangmusim hujan, dan terbawa arus air,” pungkas Ade.

Sementara itu, Ahmadi, LSM Badan Inteljen Investigasi Pengendali Aset Negara (BIIPAN) mengatakan bahwa pengerjaan seperti itu terkesan proyek siluman, karena tidak ada kejelasan anggaran dan program, serta nilai anggarannya.

“Lazimnya sebuah proyek harus terpampang informasi di lokasi, jika seperti ini jelas menimbulkan pertanyaan, sudah sesuaikah dengan RAB yang dibuat pihak konsultan perencana desa, apalagi dalam pekerjaannya diduga asal, pemasangannya kurang rapih, nampak tanah yang tidak tertutup batu ataupun adukan,” ujar Ahmadi.

Ahmadi berharap kepada pemerintah desa, pemerintah daerah, dan dinas terkait segera turun ke lapangan untuk menindaklanjuti setiap proyek yang diduga dalam pengerjaannya asal jadi. (Abro)

Komentar

NEWS UPDATE