oleh

Kepala Puskesmas Mekarmukti gelar Rapat Revitalisasi Forum Desa Siaga

NASIONALXPOS.CO.ID, Kabupaten Bekasi – Kepala Puskesmas Mekarmukti H.Firman. S.K.M menggelar kegiatan rapat Revitalisasi Forum Desa Siaga (RFDS) di Aula Kantor Puskesmas, lebih tepatnya di Jl.Cibarusah Mekarmukti, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Rabu (13/03)

Nampak hadir pada kegiatan perwakilan Desa Mekarmukti, Desa Pasir Gombong, Desa Simpangan, Desa Tanjung Sari, Desa Wangun Harja, Desa Harja Mekar serta Ibu – ibu PKK yang ikut menghadiri dalam kegiatan acara RFDS tersebut.

Jaenal Arifin Kordinator Pos Kesehatan Desa mengungkapkan,”selama 2 Tahun H.Firman menjabat sebagai Kepala Puskesmas Mekarmukti yang sudah terakreditasi utama di wilayah Kabupaten Bekasi, terlihat sangat antusias menjalani tugas nya dan tegas memberi arahan kerja kepada karyawan yang ada di Puskesmas Mekarmukti,”

“H.Firman selalu mengingatkan kepada karyawan atau kader-kader puskesmas nya kalau bertugas di luar puskesmas selalu membawa Surat Kerja (SK) dan menjaga otoritas Puskesmas Mekarmukti,” tambahnya

Sementara itu Kepala Puskesmas Mekarmukti mengucapkan terimakasih kepada perwakilan 6 desa yang sudah hadir di acara Revitalisasi Forum Desa Siaga.

“Puskesmas mekarmukti adalah salah satu pukesmas yang terakreditasi utama di seluruh puskesmas kabupaten bekasi,” Ucapnya

“Tujuan Desa Siaga agar terwujudnya masyarakat Desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya. Desa siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan secara mandiri,”

H. Firman. S.K.M pun menambahkan bahwa Unsur-unsur Desa Siaga memiliki Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang memberikan pelayanan dasar, dan memiliki sistem gawat darurat berbasis masyarakat, serta memiliki sistem pembiyaan kesehatan secara mandiri.

Masyarakat yang memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai individu dan keluarga di Desa yang diharapkan mampu melaksanakan hidup sehat peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayah Desa nya.

Pihak pihak yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku individu dan keluarga di Desa atau dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi perubahan perilaku tersebut yaitu Tokoh Pemerintah, Masyarakat, Agama, Pemuda, PKK, Karang Taruna, Media massa dll,” pungkasnya (Usnito)

Komentar

NEWS UPDATE