oleh

Satgas TMMD 0406/Mura Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SD

NASIONALXPOS.CO.ID, MUSI RAWAS, SUMSEL – Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah sebuah amanat dari Undang Undang Dasar 1945. Sebagai seorang prajurit yang bertugas di satuan teritorial, dituntut untuk menjadi serba bisa di masyarakat, sebagai pribadi yang bisa menjadi panutan. Seorang prajurit menunjukkan hal itu dengan telah memberikan kontribusinya dalam upaya mencerdaskan dan memperkaya ilmu pengetahuan generasi muda.

Sertu Adi Purnomo, anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 0406/Musirawas membantu Guru SDN 1 Karya Makmur, dengan memberikan pelajaran tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, Selasa (5/3/2019). Ia menggunakan pola mendongeng atau telling story dalam mengajar. Metode ini terbukti efektif membangun semangat, pola pikir, serta kedekatan emosional antara siswa dengannya.

”Pola mendongeng saya terapkan, mengingat para murid Sekolah Dasar masih anak-anak, butuh sesuatu yang baru seperti bermain dan bercerita, sehingga mereka cepat menangkap apa yang akan disampaikan,” terang Sertu Adi.

Dalam kesehariannya, Sertu Adi Purnomo di kegiatan TMMD ke-104 Kodim 0406/Mura, ditugaskan dalam pengerjaan pembuatan jalan penghubung antar kampong sepanjang 6,5 Km. Namun disela-sela waktu yang ada, ia terpanggil untuk membantu mengajar anak-anak SD di Kelurahan Karya Makmur tempat lokasi TMMD.

Dalam kegiatan itu, para murid terlihat begitu antusias mengikuti pelajaran yang diberikan Sertu Adi Purnomo. Selain wawasan kebangsaan, juga diberikan materi bahasa Indonesia, agama, Pancasila, dan lagu-lagu kebangsaan, yang diselingi dengan permainan edukatif.

”Pelajaran yang saya berikan kepada anak-anak tersebut juga sesuai dengan kemampuan mereka yang masih duduk di bangku SD, seperti ilmu dasar agama, bahasa Indonesia, Pancasila, dan lagu-lagu kebangsaan,” katanya.

Sementara itu, Komandan Satgas TMMD ke-104 Kodim 0406/Mura Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos., M.I.Pol. menuturkan, bahwa personel Satgas TMMD selain melaksanakan pembangunan fisik seperti pembuatan jalan sepanjang 6,5 Km, pembuatan gorong-gorong, pembuatan Pos Kamling, pembuatan MCK, pembuatan sumur bor, rehab mushola dan bedah rumah, juga melaksanakan penyuluhan dan pembekalan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

“Dengan pemberian ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak, dimana pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik di masa depan,” kata Dansatgas.

Aryanto, S.Pd. Kepala Sekolah SDN 1 Karya Makmur menyampaikan terima kasih kepada TNI dari Satgas TMMD karena program pembangunan, baik fisik dan non fisik benar-benar membantu masyarakat, termasuk dalam hal pendidikan.

“Metode yang diberikan personel Satgas TMMD, menurutnya, memberikan suasana baru bagi siswanya,” ungkapnya. (Herry)

Komentar

NEWS UPDATE