oleh

Mantan Kades Diringkus Pidkor Polres OKU Timur

NASIONALXPOS.CO.ID, OKU TIMUR, SUMSEL – Pidkor Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, pada hari Minggu 31/3/2019 berhasil menangkap seorang tersangka tindak pidana Pemalsuan Tanda Tangan, di kontrakan Kelurahan Semabung Lama, Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tersangka yang ditangkap tersebut, bernama Rudi Setiono (43) warga Dusun I Talang Taman Desa Mendah Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur dan tersangka merupakan mantan Kades di Desa Mendah.

Dari data yang berhasil dihimpun, pada tahun 2018 lalu, terdangka telah memalsukan tanda tangan warga Desa pada Daftar Penerima Manfaat (DPM2), yang mana DPM2 tersebut, merupakan tanda bukti pengambilan Beras Miskin (Raskin).

Adapun tanda tangan warga yang telah dipalsukan tersebut, sebanyak 18 orang yang mengakibatkan kerugian bagi warga Desa Mendah Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur dan tersangka telah melarikan diri sejak 14/2/2019 bersama isrti sirihnya di Pangkal Pinang.

Kapolres OKU Timur, AKBP Erlin Tangjaya mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari pelapor, hari Jum’at 29/3/2019 kita mendapatkan informasi kalau tersangka Rudi Setiono berada di Kota Pangkal Pinang dan Kanit Pidkor Polres OKU Timur langsung lakukan pengejaran terhadap tersangka.

“Setelah dilakukan penyelidikan, hari Minggu 31/3/2019 sekitar pukul 20.00 Wib keberadaan tersangka berhasil kita ketahui, yakni di kontrakan Kelurahan Semabung Lama Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkal Pinang,” terang AKBP Erlin saat dikonfirmasi Senin 2/4/2019.

Lanjutnya, sekitar pukul 21.00 Wib, ditemani Ketua RT setempat, kita melakukan penangkapan terhadap tersangka dan pada saat penangkapan, tersangka tidak melakukan perlawanan.

“Dari tersangka, kita berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 rangkap DPM2 bulan Desember 2018, 2 unit Handphone dan 1 buah dompet yang berisi uang Rp.430.000 (empat ratus tiga puluh ribu rupiah),” pungkas Kapolres OKU Timur. (Herry)

Komentar

NEWS UPDATE