oleh

Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Gelar Rapat Persiapan Jadwal Pengeringan Saluran Irigasi

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Digelar di Aula Kantor PSDA Kabupaten Cilacap, Komisi Irigasi mengadakan rapat terkait persiapan pelaksanaan jadwal pengeringan pada daerah Irigasi Serayu dan Manganti, Kamis (23/05/2019), hadir juga perwakilan dari Dandim, Polres Cilacap, P3A, TPM, perwakilan Ketua Komisi Irigasi, serta perwakilan dari UPT D Pengairan.

Menurut Drs. Saeful Hidayat Kepala Dinas PSDA Cilacap mengatakan, bahwa pengeringan di Daerah Irigasi Serayu yang pada awalnya akan dimulai tanggal 1 Juni 2019 sampai dengan 15 Agustus 2019, ditunda menjadi mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 15 September 2019, ” dan akan dialirkan kembali pada 16 September ” terang Saeful.

Sementara untuk pengeringan irigasi Manganti pengeringan jaringan akan tetap dilaksanakan mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan taggal 30 September 2019 tambah Saeful.

Kadis PSDA menambahkan, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meminimalisir luas tanam yang terancam kekeringan, diantaranya yakin, pompanisasi untuk daerah yang memiliki sumber air, para petani dihimbau mengubah pola tanam dari padi ke palawija, mengefektifkan gilir air baik per primer, sekunder maupun tersier.

Gilir air antar bendung dibagian hulu dan tengah untuk daerah irigasi yang sumber airnya satu sungai, penggunaan sumur pantek, pun harus diefektifkan, tandas Saeful.

Yang tidak kalah penting juga adalah pembentukam satgas kawal air, semua pihak yang terkait, P3A, TPM, Dinas pertanian, Dinas PSDA, diharapkan agar bisa mensosialisasikan lebih awal hasil rapat hari ini kepada masyarakat tentang perubahan jadwal pengeringan, pungkas Saeful. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE