oleh

Bupati Lotim Gelar Ramah Tamah Dengan Jajaran UNICEF

NASIONALXPOS.CO.ID, LOMBOK TIMUR – Bupati dan Wakil Bupati Lotim hadiri silaturrahmi dan ramah tamah Pemerintah Daerah dengan jajaran UNICEF, terkait Penanganan Kedaruratan Pelaksanaan Program Air Bersih, Sanitasi dan MKM Berkelanjutan di Lombok Timur.

Lombok Timur saat ini masih berbenah pasca kejadian gempa 2018 lalu, ditambah gempa yang terjadi akibat cesar lokal beberapa waktu lalu, akibat gempa tersebut menambah panjang daftar korban gempa di Daerah ini. Banyak pihak telah memberikan kontribusinya dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi di daerah ini. Acara yang berlangsung Rabu malam (19/6) dipendopo Bupati ini juga dihadiri Wash Indonesia CFO Unicef NTT dan NTB Ann Thomas, CSD specialist Unicef NTT dan NTB Dr. Vama Chisnadarmani, MPH, Wash Officer, Rosita La Ode Pado, Baiq Rini Septiani, konsultan Wash Unicef NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Bapeda Provinsi NTB, Kepala OPD terkait, Camat Sembalun, Kepala Desa Sembalun, Sembalun Lawang, Bilok Petung, dan Timba Gading, serta Tim dari Yayasan Masyarakat Peduli (YMP) NTB.

Dalam sambutanya Bupati H.M. Sukiman Azmy menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi pada pelaksanaan kegiatann ini, ungkapnya.

Selanjutnya Sukiman mengatakan, jika dilihat dari urutan rangkaian pristiwanya, kegiatan ini Ia namakan sengsara membawa nikmat, yang diartikan Bupati, membawa keberuntungan bagi Lombok Timur, karena awal mula dari kegitan ini adalah musibah gempa bumi yang melanda Lombok Timur. Banyak pihak telah memberikan kontribusinya dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Daerah ini, ungkapnya.

Lima unsur yang terlibat saat ini jelasnya, mempunyai peran masing-masing, tentu diakui Bupati yang mempunyai sumber donasi yang terbesar ada di UNICEF, oleh karena itu atas nama masyarakat dan pemda Lombok Timur, terutama di daerah-daerah yang terkena dampak positif dari kegiatan ini Ia menyampaikan terimakasih yang mendalam kepada UNICEF beserta jajarannya, kepada YMP yang telah berkenan memfasilitasi untuk mengatasi kesulitan masyarakat terutama air minum.

Bupati Sukiman mengakui untuk menyukseskan kegiatan ini, dibutuhkan dana yang besar, tentu Pemda tak akan mampu mengatasinya secara mandiri, untuk itulah kolaborasi tiga pihak : UNICEF, Pemerintah Daerah dengan APBD, dan Pemerintah Desa melalui APBDes, InsyaAllah dana yang terkumpul sebesar 5 Miliyard menjadi konsep yang baru pertama kali dilaksanakan, yang tiada lain tujuannya hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui proyek yang dilaksnakan ini. Karena itu kita berharap pola dan desain ini dapat berjalan sesuai proyeksi, harapnya.

Dijelaskan juga, banyak mata air yang belum tertata manajemennya dengan baik di Kabupaten Lotim, kedepan tentunya mata air yang ada diwilayah Utara bisa dialiri ke wilayah Selatan jika ada jaringan pipa yang dikelola dengan baik.

Sukiman juga berharap semuanya dapat berjalan sesuai target dan harapan. tentu bukan saja sampai disini kerjasma ini, dengan memberikan fasilitas kepada Kecamatan-kecamatan yang lain, terutama air, jambanisasi dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan indikaror kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Daerah bersama seluruh komponen yang ada akan selalu siap mendukung seluruh program yang dilaksanaka, tegasnya.

Sementara itu, Hj. Ellena Khusnul Rakhmawati, Ketua Yayasan Masyarakat Perduli (YMP) dalam laporannya menyampaikan terimakasih atas terlaksananya kegiatan yang luar biasa ini, karena pada hari ini berkumpul Tim kalaborasi UNICEF, Pemda Lotim dan Pemerintah Desa. Target sanitasi dan air bersih di 4 desa di Kecamatan Sembalun dapat terlaksana dengan baik dengan kalaborasi Dinas terkait.
Program yang telah ditanda tangani kontraknya per 10 Mei ini, harapnya biasa memberikan yang terbaik bagi Lombok Timur.

Hal yang Sama juga disampaikan Kepala Kantor Perwakilan UNICEF NTT/NTB, Yudhistira Yewangoe, bahwa semua program UNICEF mengacu pada hak anak-anak. Dimana masyarakat mengalami trauma fisik dan sifikis terutama anak-anak.

Sehingga membuat kami merasa terpacu untuk bagaimana bisa mendukung Pemerintah Lotim memulihkan Daerah dan masyarakat terutama anak-anaknya, ungkapnya.

Oleh karena itu kami melihat ada satu komitmen yang luar biasa dari Pemda Lotim untuk memakmurkan kembali kesejahteraan masyarakat.
Ketika kegiatan ini sudah berhasil maka kami akan memperkenalkan program ini pada Daerah-daerah lain, karena semangat dan komitmen dari Pemerintah adalah suatu faktor kunci keberhasilan dari suatu program. Jika tidak ada komitmen dan semangat maka tidak akan membuahkan hasil. UNICEF percaya bahwa pembangunan itu dimulai dari anak-anak, karena Kabupaten Lotim sangat memperhatikan anak-anak, ungkapnya.

Komentar

NEWS UPDATE