oleh

Dihari Lebaran, Pengendara Sepeda Motor Lokal Banyak Tak Menggunakan Helm

Oleh : Junaedi Kaperwil Jateng www.nasionalxpos.co.id

Sudah menjadi tradisi buruk, pada saat Hari Raya Lebaran banyak dijumpai dan kita lihat bersama, banyak pengguna kendaraan bermotor Roda Dua (R2) banyak tidak mengunakan pelindung kepala atau Helm, terutama pengguna kendaraan Lokal, dalam hal ini bukan pemudik.

Pemahaman akan pentingnya penggunaan Helm pada saat menggunakan kendaraan bermotor Roda Dua masih belum belum bisa disadari oleh sebagian masayarakat.

Masyarakat hanya beranggapan bahwa kalau tidak menggunakan Helm saat menggendarai kendaraan bermotor Roda Dua pasti akan di Tindak Langsung (Tilang) oleh aparat Kepolisian khususnya Satuan Lalu-lintas.

Kebiasaan masyarakat ini menjadi tugas Polisi, agar selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat, betapa pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendaraan.

Kesadaran hukum dalam berlalu-lintas bukan hanya takut di Tilang Polisi, tetapi sadar dalam hal ini bahwa betapa pentingya kita mematuhi peraturan Lalu-lintas dalam berkendaraan, yang tujuan utamanya adalah keselamatam untuk diri kita sendiri dan orang lain sesama pengguna jalan.

Apakah aparat Kepolisian harus bertindak tegas terhadap para pelanggar, saat Hari Raya Lebaran?, pertanyaan ini bisa jadi berat untuk Kepolisian, disisi lain secara aturan, segala pelanggaran lalu-lintas harus ditindak dan ditegakan.

Namun demikian, akan dipandang kuran elok, pada saat Hari Raya Lebaran pihak Kepolisian dalam hal ini Satlantas melakukan Penegakan Lantas (Gakumlantas). Sudah dipastikan anggapan miring tentang Kepolisian pasti akan terjadi.

Kedepanya, pihak Kepolisian harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat, betapa pentingnya keselamatan dalam berkendaraan. Alat keselamatan berkendaran terutama Helm, adalah kebutuhan yang harus disadari oleh para pengendara sepeda motor, menggunakan Helm bukan karena takut ditilang, tetapi Helm adalah alat keselmatan pengguna kendaraan bermotor itu sendiri.

Komentar

NEWS UPDATE