oleh

Danramil 418-07/Sukarami Berikan Wasbang dan PBB di SMA IGM

NASIONALXPOS.CO.ID, PALEMBANG – Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Danramil 418-07/Sukarami, Mayor Inf Heribertus M S.Ag. S.Psi memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) kepada 100 Siswa/Siswi baru di SMA IGM Jalan Kolonel H Burlian Kecamatan Alang Alang Lebar Palembang, Rabu (17/7/2019).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SMA IGM Hadi Wijaya S.Pd beserta para guru pengajar dan para Babinsa 418-07/Sukarami.

Dalam Wasbangnya, Danramil 418-07/Sukarami Mayor Inf Heribertus menjelaskan, bahwa Pancasila digali dari sari pati budaya bangsa, yang dikemas dan dirumuskan oleh Panitia-9. Perumusanya menunjukkan jiwa kenegarawanan yang luar biasa, dimana pendapat mereka yang berbeda-beda dapat disatukan untuk tujuan besar, yaitu NKRI.

“Mereka tidak hanya memikirkan Suku, Agama, Ras maupun golonganya sendiri dan Pancasila sebagai dasar ideologi negara, bersifat final serta mengikat,” ujar Danramil.

Final, sejak berdirinya negara, Pancasila disepakati menjadi dasar bagi Bangsa Indonesia. Mengikat, berarti sila-sila dari Pancasila yang kemudian diuraikan dalam UUD 1945 maupun aturan lainya.

“Untuk itu, hendaklah dijadikan pedoman berbuat dan bertindak bagi seluruh warga bangsa. Pancasila mengayomi dan menjadi Panji pemersatu kemajemukan, demi tetap utuhnya NKRI,” jelas Danramil.

Burung Garuda adalah Burung Rajawali. Burung itu mempunyai kekuatan yang relatif prima, sifatnya setia dan dapat menjelajah ketinggian yang tinggi serta menjangkau daerah yang luas. Dari karakter burung itu, maka sangat tepat bila di dada Burung itu, ditempatkan simbol 5 Sila.

“Maknanya, agar Pancasila dijunjung tinggi sebagai Dasar Negara dan Pancasila diharapkan menjadi pemersatu Nusantara yang luas serta majemuk. Burung Garuda Pancasila yang merupakan Lambang Negara seperti halnya Merah Putih, Burung Garuda dihasilkan dari karya tangan dan pemikiran yang penuh filosofi serta digali dari Seni Budaya Nusantara,” pungkas Danramil.

Setelah memberikan Wasbang, Mayor Inf Heribertus bersama para Babinsa memberikan PBB untuk melatih kekompakkan, melatih jiwa korsa, melatih kekuatan fisik dan melatih kedisiplinan, bagi Siswa/Siswi murid baru SMA IGM Palembang. (Herry)

Komentar

NEWS UPDATE