oleh

DPRD Bungo Gelar Sosialisasi dan Resmikan Perpustakaan Khusus serta JDIH DPRD Kabupaten Bungo

NASIONALXPOS.CO.ID, BUNGO – Setelah usai sarapan pagi di rumah Dinas Bupati Bungo langsung menuju kantor DPRD Kabupaten Bungo untuk melakukan acara Sosialisasi dan Peresmian Perpustakaan Khusus DPRD serta JDIH DPRD Kabupaten Bungo yang diselenggarakan di gedung DPRD Kabupaten Bungo.

Kedatangan tamu dari Kemenkumham RI dan Perpustakaan Nasional RI langsung disambut dengan tarian sekapur sirih dan langsung meninjau Perpustakaan khusus DPRD Kabupaten Bungo.

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Perpustakaan Khusus dan JDIH DPRD Bungo oleh Ketua GOW Bungo Hj Nining Apriyanto.

Pada acara sosialisasi Ria Mayang Sari selaku pimpinan DPRD Kabupaten Bungo memaparkan tentang aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) berbasis website dan aplikasi Android. Dimana aplikasinya berisi data base produk hukum daerah Kabupaten Bungo bahkan aplikasi ini mampu menampung Peraturan Desa (Perdes) dan juga keputusan Kepala Desa/Rio.

“Pada tahun 2019 ini DPRD Kabupaten Bungo telah mengembangkan JDIH berbasis Android sebagai informasi dan juga perlu diketahui bahwa DPRD Kabupaten Bungo adalah DPRD yang pertama memiliki Aplikasi JDIH yang telah terintegrasi Pendidikan Nasional,” kata Ria Mayang Sari.

DPRD Bungo perdana di Indonesia adakan sosialisasi dan peresmian perpustakaan khusus DPRD dan jaringan dokumentasi dan informasi hukum DPRD Kabupaten Bungo,” terangnya.

Ini merupakan ide atau pikiran yang menjadi dasar khususnya kegiatan ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Bungo dengan Pemerintah Kota Bandung pada tanggal 19 September 2018 yang lalu. Yang mana pada waktu itu langsung dengan Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung tentang pengembangan Smart City. Hal tersebut agar upaya akselarasi menuju terbitnya Bungo Maju dan Sejahtera. DPRD Bungo sebagai mitra kerja daerah yang pada saat itu ikut mendampingi Bupati Bungo,” pungkas Ria.

Pada saat itu saya terasa terpanggil untuk melakukan upaya strategis dalam rangka membentuk Smart City di Kabupaten Bungo. Sebagai langkah awal pimpinan DPRD Bungo langsung adakan rapat bersama Sekretaris DPRD Bungo yang ditindaklanjuti dengan oleh Sekwan beserta staff sekretariat DPRD dan melakukan pembenahan dari berbagai aspek,” tutup Ria Mayang Sari

Di kesempatan yg sama Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi Pimpinan DPRD Kabupaten Bungo, karena ini merupakan satu – satunya perpustakaan khusus DPRD dan jaringan dokumentasi dan informasi hukum pertama di Indonesia yang terintegrasi.

“Saya berharap dengan dibangunnya perpustakaan khusus dan sistem aplikasi JDIH ini, dapat menjadi sarana pembangunan dibidang hukum, meningkatkan penyebarluasan informasi, pemahaman dan pengetahuan hukum serta membantu memudahkan pencarian penelusuran peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya,” tutup Wabup Apri.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bungo H. Syafrudin Dwi Aprianto S Pd, Ketua DPRD Bungo Ria Mayang Sari SH MH, Wakil Ketua DPRD Syarkoni Syam, H Kamal HG, anggota DPRD kabupaten Bungo dan anggota terpilih periode 2019-2024 , Ketua DPRD Kabupaten tetangga, Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Jaringan Hukum RI Kemenkumham Drs Yasmin M. LS, Kepala Bagian Perencanaan Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional RI Dr Adin Bondar, unsur Forkopimda Bungo, Ketua GOW, para kepala OPD di lingkup Pemkab Bungo, , para Camat, dan para Datuk Rio, serta undangan lainnya. (is)

Komentar

NEWS UPDATE