oleh

Kecamatan Wanareja Gelar Bursa Inovasi Desa Tahun Anggaran 2019

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP- Acara yang diselenggarakan oleh Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Wanareja, Kamis (11/07/2019).

Hadir dalam acara Bursa Inovasi Desa tersebut, AKP. Sutejo Kapolsek Wanareja, para kepala desa, ketua Tim Penggerak PKK Desa, dan perangkat Desa. Sementara dari Dispermades Cilacap hadir Wahyu Indra, dan dari Tim TIK Kabupaten Cilacap dihadiri Indra Purnomo, SE, didampingi Pendamping Desa.

Sementara tampak mengikuti juga dalam acara Bursa Inovasi Desa, para mahasiswa dan mahasiswi dari Univeraitas Muhammadiyah Purwokerto dari Fakultas Pertanian, Ekonomi, Kesehatan, Farmasi, Tehnik, dan Psikologi.

Dalam sambutanya Camat Wanareja, Bintang Dwi Cahyono, AP.MM yang membuka pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, mengatakan bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten, kata Bintang.

“Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten” tambahnya.

Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif, papar Bintang.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Sementara Indra Purnomo dari Tim TIK Kabupaten Cilacap mengatakan, posisi dari program inovasi desa, ini merupakan bagian dari Inovasi Desa. Manfaat Inovasi Desa yang mana bertujuan untuk mendongkrak dan membangkitkan semangat dalam melakukan hal-hal terkait pembangunan desa, kata Indra.

Lebih jauh Indra mengatakan, Inovasi merupakan sebuah cara atau strategi yang berasal dari ide-ide kreatif supaya terjadi suatu pembaharuan demi terwujudnya kemajuan hingga tercapai sebuah kemakmuran.

Selain butuh kreativitas untuk menggali potensi sumber daya manusia maupun alam, rasa optimis juga sangat diperlukan supaya semangat itu terus membara setiap waktu, pungkas Indra.

Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa dipandu Eko Anjar .P .SE dari Pendamping Desa, yang diikuti oleh para peserta yang hadir dari seluruh Desa se Kecamatan Wanareja. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE