oleh

“Pelangi Perbatasan” Musik dan Tarian Asal Cilacap

“Identitas sebagai wilayah pesisir yang berada di wilayah perbatasan ini kami angkat melalui sebuah ekspresi seni yang merupakan sebuah wujud suatu perbedaan menjadi sebuah keindahan”

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Seni Musik dan Tari yang berjudul ” Pelangi Perbatasan” asli dari Kabupaten Cilacap JawaTengah ditampilkan di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dikatatakan Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji, Minggu (07/07/2019), bahwa Seni Musik dan Tari Pelangi Perbatasan merupakan symbol keragaman kekayaan budaya yang ada diwilayah perbatasan Jawa Tengah – Jawa Barat khususnya Kabupaten Cilacap wilayah Barat, kata Bupati.

Pelangi Perbatasan diangkat sebagai sebuah sajian yang merupakan cerminan dari banyaknya hal-hal baru yang telah lahir, dari perbedaan-perbedaan yang ada diwilayah perbatasan, terang Bupati.

“Identitas sebagai wilayah pesisir yang berada di wilayah perbatasan ini kami angkat melalui sebuah ekspresi seni yang merupakan sebuah wujud suatu perbedaan menjadi sebuah keindahan” tambah Bupati.

Kabupaten Cilacap berada diantara Jawa Tengah dan Jawa Barat, ini merupakan sebuah pelangi perbatasan, disitulah kami melihat suatu kekayaan budaya, seni, dan tradisi sebagai suatu keindahan yang mempersatukan, kata Bupati memaparkan.

Kekayaan yang berasal dari banyaknya kebiasaan masyarakat yang berada di wilayah yang berbeda sekaligus menciptakan sebuah kondisi yang bukan saja memiliki 2 hal sebagai indentitas budaya, namun juga melahirkan sebuah budaya baru.

Identitas yang mempersatukan perbedaan, identitas yang memperkuat kebangsaan. Identitas yang memiliki symbol kekayaan wilayah perbatasan.

Dari kekayaan itulah kami angkat dalam suatu aktualisasi bahwa yang semula merupakan sebuah perbedaan menjadi suatu keindahan seperti pelangi.

Terekspresikan dalam suatu seni yang kami kolaborasikan dengan khasanah budaya pesisir yang menjadi sebuah sajian Pelangi Perbatasan.

Pelangi Perbatasan Semoga menjadi kekayaan cilacap, kekayaan Jawa Tengah, Kekayaan Indonesia dengan Kebhineka Tunggal Ikaannya, pungkas Bupati. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE