oleh

Penegak Hukum Dihimbau Kedepankan Diversi dalam Penyelesaian Pidana Anak

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Seluruh elemen penegak hukum, mulai dari Kepolisian hingga kejaksaan diharapkan mengedepankan upaya diversi, dalam penanganan tindak pidana yang melibatkan anak-anak. Hal ini sesuai dengan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cilacap, Murniyah dalam Advokasi Penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum atau ABH, di kantor Dinas KB PP dan PA Cilacap, Rabu (26/6/2019).

Dijelaskan, peradilan pidana terhadap anak anak dapat menyebabkan gangguan terhadap tumbuh kembang anak. Oleh karena itu melalui diversi, maka tidak setiap perkara pidana yang pelakunya anak langsung masuk dalam sistem peradilan pidana.

“Proses hukum dapat menyebabkan anak menjadi tertekan dan mengganggu tumbuh kembang anak. Oleh karena itu kami berharap para penegak hukum dapat mengedepankan upaya diversi terhadap penyelesaian tindak pidana anak”, kata Murniyah.

Berdasarkan Pasal 1 angka 7 UU 11/2012 diversi berarti pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana. Konsep diversi bertujuan menyelenggarakan keadilan restoratif dalam penyelesaian kasus pidana anak.(junaedi/dn)

Sumber: Kominfo Cilacap

Komentar

NEWS UPDATE