oleh

Sedekah Bumi Tradisi Masyarakat Blora

NASIONALXPOS.CO.ID-BLORA Sedekah Bumi merupakan tradisi kebudayaan masyarakat Dukuh Ngudi, Desa Kalangan Kecamatan Tunjungan Kab.Blora. Sedekah bumi merupakan ‘bersih desa’ yang di ramaikan setiap tahun sekali.

Sedekah bumi yang dimeriahkan oleh masyarakat setempat dengan acara karnaval desa, dengan membawa hasil pertanian dari Desa Kalangan, Dukuh Ngudi, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, dihadiri Camat Tunjungan Bambang.

Minggu 21/07/2019 sedekah bumi yang di meriahkan setiap tahun bertujuan untuk guyub rukun antar warga, bersih desa, supaya panen hasil pertanian melimpah dan untuk hiburan masyarakat desa, ungkap Kades Kalangan Kasdi.

Desa Kalangan Dukuh Ngudi Kecamatan Tunjungan Blora merupakan salah satu desa yang mempertahankan tradisi nenek moyang untuk melaksanakan sedekah bumi, supaya tidak tergerus jaman.Terutama di Kabupaten Blora.

Tradisi sedekah bumi ini turun temurun dari nenek moyang terdahulu. Khususnya untuk Kabupaten Blora masih sangat kental sekali tradisi ini. Disebabkan karena kultur kebudayaan lokal Blora.

Bagi masyarakat Blora sedekah bumi merupakan adat tanah Jawa, terutama Blora, yang harus dilestarikan dan di pertahankan. Karena merupakan aset daerah yang bisa dibanggakan, tutup kasdi. (Hns)

Komentar

NEWS UPDATE