oleh

TMMD Sengkuyung Tahap II, Dilaksanakan di Cimrutu Patimuan Cilacap

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II. TMMD Sengkuyung Tahap II dilaksanakan di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuam Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II dilaksanakan di lapangam Desa Cimrutu, Selasa (09/07/2019), yang diikuti pula oleh unsur Forkompimda, pejabat pemda, perwakilan BUMN dan BUMD, serta jajaran pemerintah Desa Cimrutu.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, kegiatan TMMD merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan semangat gotong-royong, untuk mengatasi berbagai persoalan sosial ditengah masyarakat, permasalahan tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI dan pemerintah saja, papar Bupati.

“Melalui TMMD, sinergitas dan kemanunggalan TNI bersama rakyat menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali, serta mendayagunakan potensi untuk mengatasi berbagai persoalan terkini”, imbuh Bupati.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan pada TMMD kali ini, yakni fisik meliputi pembangunan talud jalan sepanjang 1.531 m, pembangunan 2 unit MCK, dan rehab 20 unit RTLH. Sedangkan kegiatan non fisik yaitu pelayanan pengobatan gratis, pengobatan ternak gratis, pelayanan KB, dan pembuatan kartu kuning gratis.

Kemudian pembuatan akte kelahiran gratis untuk anak di bawah usia 1 tahun, penyuluhan kebencanaan, bela negara dan narkoba, pelatihan servis alat rumah tangga, pembuatan pupuk dan pengolahan industri kecil, sosialisasi Perda trantibummas dan kearsipan desa serta bantuan alat pertanian, alat olah raga, komputer, buku perpustakaan, alat pengemasan produk dan benih ikan.

Anggaran TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2019 di Desa Cimrutu sebesar Rp 565 juta, dengan rincian bantuan dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 265 juta, dan APBD Kabupaten Cilacap sebesar Rp 300 juta. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan peran aktif dalam pembangunan.(junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE