oleh

SIKUBA dan Kripik Bonggol Pohon Pisang Hasil Inovasi 10 Mahasiswa UMP

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Meskipun sangat sederhana namun hasinya memuaskan dan sangat unik. Sepuluh orang Mahasiswa dan Mahasiswi UMP yang tergabung dalam kelompok 115 KKN UMP 2019 yang berposko di Desa Malabar berhasil berinovasi, dengan membuat SIKUBA (Sirup Kulit Buah Naga) dan Keripik Bonggol Pohon Pisang.

Hasil inovasi minuman dan makanan ringan tersebut juga ikut dipamerkan dalam Expo KKN UMP 2019 di alun-alun Kecamatan Wanareja.

Menurut Umi Khafidatun Naim mahasiswi Keguruan Pendidikan Bahasa Inggris saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, ” kami dari kelompok 115 KKN UMP 2019 yang berjumlah 10 orang mencoba berinovasi membuat Sirup dari kulit Buah Naga, alhamdulillah hasil dan rasanya cukuk segar dan aman dikonsumsi ” kata Umi Kamis (08/08/2019).

Bukan hanya itu saja, bahkan dari Bonggol Pohon Pisang pun kita olah menjadi cemilan, yakni dijadikan keripik, papar Umi.

Kami dari kelompok 115, berkeinginan bisa mengembangkan potensi yang ada di Desa Malabar, ” kami juga sendang memikirkan bagaiman cara memasarkan minuman dan camilan tersebut, untuk sementara mungkin bisa dujual melalui Online, terang Umi.

Sementara Viki Leksono Jurusan S1 Keperawatan yang tergabung dalam Kelompok 115 yang juga sebagai Koordinator KKN UMP Kabupaten Cilacap, mengatakan, ” KKN sudag selesai, tentunya kami mahasiswa UMP berkeinginan memberikan dan membagikan ilmu yang bermanfaat, salah satu contohnya adalah dengan Inovasi membuat Sirup dari Kulit Buah Naga, dan Keripik Bonggol Pohon Pisang, kata dia.

Betikut daftar nama Anggota dalam Kelompok 115 KKN UMP 2019 Desa Malabar :

1. Umi khafidhatun Naim (Pend. B. Inggris)
2. Afifah Murti W (Pend. Matematika)
3. Selviana (PGSD)
4. Resi Oktavio (Manajemen)
5. Agung Praktik Pamuji (Akuntansi S1)
6. Tita Ria Pristianita (Teknik Sipil)
7. Restu Pambudi (Agribisnis)
8. Nur Kholifah (Keperawatan S1)
9. Viki Leksono (Keperawatan S1)
10. Fariidah Khalimatun (Psikologi)

(Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE