oleh

TMMD Sengkuyung Tahap II Desa Cimrutu Patimuan di Tutup

NASIONALXPOS.CO.ID.PATIMUAN. CILACAP – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2019 di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan telah berakhir. Penutupan ditandai dalam upacara yang dipimpin Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto di lapangan desa setempat, Kamis (8/8/2019).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, perwakilan Forkopimda, Forkopimcam, pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya. Dalam upacara tersebut, Dandim membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochammad Effendi.

Disebutkan, TMMD merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga negara lainnya dalam percepatan pembangunan. Dengan berakhirnya TMMD, diharapkan seluruh elemen masyarakat tetap bekerjasama membantu pembangunan daerah.

Sejumlah kegiatan yang berhasil dicapai, antara lain fisik berupa pembangunan talud sepanjang 1.531 meter dan pembangunan 2 unit MCK. TMMD juga menyelesaikan rehab 23 unit RTLH dengan rincian 3 unit didanai APBD Provinsi dan 20 unit APBD Kabupaten Cilacap.

Untuk kegiatan non fisik yaitu pelayanan pengobatan gratis, KB gratis dan pemberian souvenir, pelayanan langsung dokumen kependudukan dan catatan sipil bagi usia di bawah 18 tahun meliputi pembuatan KTP dan akta kelahiran gratis, serta pengobatan ternak gratis.

Kemudian sosialisasi kerukunan umat beragama, sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan, pelatihan industri pangan lokal, sosialisasi gula organik, pembinaan tertib arsip desa, sosialisasi P4GN, pembinaan wawasan kebangsaan, bantuan alat pertanian, olahraga, komputer, laptop, dan sebagainya.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Desa Cimrutu menggunakan anggaran sebesar Rp 565 juta, dengan rincian APBD Provinsi Rp 265 juta dan APBD Kabupaten Cilacap Rp 300 juta. Anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan fisik sebesar Rp 425 juta, non fisik Rp 60 juta, dan dukungan SST Rp 80 juta.

Usai pelaksanaan kegiatan TMMD, diharapkan masyarakat mendapat manfaat berupa kelancaran akses transportasi, peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan, serta peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan. (junaedi/dn)

Sumber: Kominfo Cilacap

Komentar

NEWS UPDATE