oleh

Untuk Membangun Kualitas SDM Pemda Cilacap Bekerjasama Dengan LIPI

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Untuk mewujudkan kerjasama antara Pemda Cilacap dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam upaya mengembangkan kualitas SDM, diselenggarakan Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) 2019.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, membuka PIR yang diselenggarakan selama tiga hari, yakni dimulai Rabu – Jum’at dari tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus 2019. Selama tiga hari tersebut, peserta mendapatkan materi pengantar penelitian, penulisan karya ilmiah dan presentasi.

Untuk membuat karya ilmiah, peserta juga mendapat kesempatan berkunjung dan berdiskusi bersama enterpreuner di beberapa home industry di Kabupaten Cilacap. Peneliti Ahli Utama LIPI Cibinong, Dr. Sulaeman Yusuf, M.Agr berharap, pengalaman yang didapat selama PIR dapat diaplikasikan dengan baik.

“Sebab nantinya anak-anak kita melalui penelitiannya dapat mengoptimalkan berbagai potensi alam dan sumber daya di Kabupaten Cilacap, yang menjadi ujung tombak PAD”, jelasnya dalam acara penutupan PIR, Jumat (9/8/2019).

Sulaeman juga mendorong berbagai penelitian dan karya tulis yang disususn selama PIR, diikutsertakan dalam lomba Kreasi dan Inovasi (KRENOVA). Sehingga memotivasi siswa dan guru pendamping dalam berinovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cilacap.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Sumbowo, saat mewakili Bupati menutup PIR mengungkapkan, 90 peserta yang ikut dalam acara tersebut telah menghasilkan 14 karya. Penelitian ini diharapkan ditindaklanjuti, baik oleh peserta, pemerintah, maupun UKM responden.

“Saya berharap peserta juga dapat berbagi ilmu kepada teman sekolah. Bagi guru pendamping diharapkan memotivasi siswa untuk dapat ikut dalam lomba KRENOVA maupun lainnya, baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi”, jelasnya.

Sebelum membuat karya tulis, peserta PIR melaksanakan penelitian yakni di Home Industri Parfum Kopi di Kesugihan, IKM Gula Semut Pak Alit Desa Kuripan Kesugihan, Perajin Tas AW Collection di Mertasinga, Home Industri Tahu di Mertasinga, dan Pengolahan Sampah Jl. Semangka Kel. Tambakreja.

Penelitian tentang ‘Ekstrak Daun Pandan untuk Meningkatkan Kualitas Nira’ berhasil menjadi karya tulis terbaik dari Kelas IPA. Sedangkan dari Kelas IPS, karya tulis terbaik mengangkat judul ‘Perbedaan Tipe Enterpreunership Antara Pengusaha Parfum Kopi dan AW Collection‘.(junaedi/dn)

Sumber : Kominfo Cilacap

Komentar

NEWS UPDATE