oleh

2021 Mobil GM Akan Gunakan Perangkat Google

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA – Raksasa otomotif Amerika, General Motors (GM) mengumumkan, untuk mobil yang diproduksi mulai tahun 2021 akan menggunakan perangkat Google yang meliputi, layanan infotainment, peta navigasi, hingga sistem perintah suara.

Layanan Google Assistant, Google Maps dan aplikasi lain dari Google Play akan dipasang pada mobil-mobil GM yang dipasarkan di luar China, karena layanan raksasa internet itu tidak sepenuhnya tersedia di negara Tirai Bambu tersebut.

GM mengatakan, mobil pertama dengan fitur Google Infotainment yang terintegrasi dengan ponsel akan mengaspal pada 2021, setelah keduanya mencapai kesepakatan kerja sama teknologi.

Kesepakatan itu membuktikan kemenangan Google dari Amazon yang menjual produk teknologi Alexa ke perusahaan otomotif.

“Kami punya kemampuan untuk memerintah kendaraan dengan perangkat asisten suara yang ditanamkan pada mobil. Ini sangat terbatas,” kata wakil presiden GM untuk Global Connected Customer Experience, Santiago Chamorro, Jumat (6/9/2019).

“Dengan asisten suara Google, ini adalah pengalaman yang lebih baik bagi mereka,” katanya.

Sementara itu, Wakil presiden Google bidang teknik, Patrick Brady menjelaskan, bahwa Google tidak mengambil data pengguna mobil, melainkan hanya menyediakan layanan untuk pengemudi.

“Kami berupaya memberikan layanan untuk mobil,” terangnya.

Ditambahkannya, bahwa Google tidak punya akses untuk mendapatkan data dan aktivitas pemilik maupun pengguna mobil.

Selain itu, GM bisa saja memanfaatkan Google untuk merancang jadwal servis berkala kendaraan melalui aplikasi, sehingga pihak perusahaan maupun aplikator akan sama-sama untung. (Red/Jk)

Sumber: Antara

Komentar

NEWS UPDATE