oleh

Atraksi Kemamang Meriahkan Parade Obor Nusantara Upat-Upat Bumi Blora

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Atraksi Kemamang meriahkan acara Parade Obor Nusantara yang dilaksanakan oleh Padepokan Upat-Upar Bumi di Desa Dalangan, Todanan, Blora, Minggu (08/09) malam.

Menurut keterangan Mbah Jumadi tokoh masyarakat Dalangan menjelaskan sejarah Kemamang itu. Jaman dulu Kemang itu penampakan sosok makhluk halus menyerupai Api yang menyala mirip arak-arakan obor.

“Dulu, bila ada penampakan Kemamang kami warga desa langsung melakukan Lamporan,” beber Jumadi.

“Untuk atraksi Kamamang ini, peserta obor tubuh dibalut dengan pelapah Pisang, yang kemudiaan pelapah Pisang tadi dikasih Mancung Kelapa yang kemudiab Mancung tersebut dinyalakan, supaya menyerupai Kemamang,” jelasnya.

Sementara itu, Mbah Supat selaku ketua Yayasan Upat-Upat Bumi mengatakan bahwa acara Pawai tersebut bertujuan untuk menyatukan berbagai element, mulai dari element Air, Api dan Angin.

“Maka dari itu, disini (red-Padepokan) ada berbagai pertunjukan kolosal yang dilakukan oleh seni Barong Singo Lodro, dan teman-teman komunitas dari berbagai daerah,” kata Supat.

“Disamping itu, tujuan saya tidak lain adalah untuk menjaga kearifan lokal masyakat Todanan. Semoga dengan adanya acara ini bisa mengetuk seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Todanan ini sendiri,” harapnya.

Disamping itu, pihak yayasan sebelumnya juga mengadakan berbagai macam kegiatan. Mulai dari lomba mmewarnai, sarasehan, seni tari dan pengobatan gratis.(spr)

Komentar

NEWS UPDATE