oleh

Brokohan di Puncak Suropati, Tradisi Komunitas Peduli Kendeng Masyarakat Todanan

NASIONALXPOS.CO.ID, BLORA – Ada tradisi yang cukup menarik di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Tiap malam Jumat Wage, pada minggu pertama Bulan Suro, para komunitas pecinta alam Peduli Kendeng mengadakan acara Brokohan (Kondangan) di Puncak Suropati, Desa Candi, Todanan, Blora, Kamis (05/09) malam.

Acara yang dimulai sekitar pukul 09:00 WIB tersebut dihadiri puluhan masyarkat dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari seniman dan budaya, supranatural, wiraswasta, media, punk dan kartini-kartini Kendeng yang lengkap mengenakan kebaya.

Wawan selaku koordinator lapangan (Korlap) menjelaskan bahwa acara Brokohan tersebut dilaksanakan setiap bulan Suro (Muharam) hari Kamis Pon malam Jum’at Wage,” untuk acara malam ini, kami mengambil tema ‘Ambal Warso Barian Suropati,” beber Wawan.

“Tentunya kami para pecinta Kendeng berharap dengan adanya acara ini bisa menggugah hati seluruh lapisan masyarakat, untuk lebih lagi menjaga dan mencintai alam,” harapnya.

Sementara itu, Mbah Supat selaku ketua yayasan Upat-Upat Bumi dan juga aktivis Pecinta Alam dalam mengungkapkan keperihatinanya dengan kondisi alam saat ini. Dengan banyaknya tambang Galian C diwilayah Kabupaten Blora, khususnya sendiri di Kecamatan Todanan.

“Saya sangat prihatin sekali dengan kondisi alam saat ini. Semoga Pemkab Blora bisa mencari solusi untuk mencegah kerusakan alam saat ini,” tegasnya.

Dalam acara tersebut diisi dengan forum diskusi, setiap tamu undangan diwajibkan untuk menyampaikan gagasannya masing-masing. Yang kemudian dilanjutkan dengan acara Brokohan yang menyajikan berbagai menu hidangan dari hasil Bumi.(spr)

Komentar

NEWS UPDATE