oleh

Jateng Selatan Memasuki Masa Pancaroba

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan, musim hujan untuk sebagian besar wilayah Jawa Tengah Bagian selatan baru akan dimulai pada pertengahan bulan Oktober mendatang.

Analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Rendi Krisnawan menjelaskan, saat ini wilayah Jateng selatan mulai memasuki musim pancaroba. Diperkirakan musim ini akan berlangsung hingga pertengahan Oktober 2019, seiring datangnya musim hujan.

Berdasarkan rilis yang diterima Cilacapkab.go.id, secara umum musim penghujan di wilayah Jateng selatan mengalami kemunduran. “Semula diperkirakan pertengahan September 2019. Namun melihan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, musim hujan diperkirakan mundur 2-3 dasarian dari perkiraan awal”, jelasnya.

Sedangkan untuk sejumlah wilayah Cilacap bagian utara, timur, hingga Kebumen. Prediksi musim hujan diprakirakan baru akan berlangsung pada dasarian pertama bulan November. Pada masa pancaroba, masyarakat diimbau mewaspadai cuaca ekstrem, terutama hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

“Warga yang tinggal di wilayah perbukitan dan lereng pegunungan, diharapkan waspada terhadap potensi tanah longsor”, tandasnya.(Junaedi/dn)

Sumber : BMKG Diskominfo Cilacap

Komentar

NEWS UPDATE