oleh

Joni Ruswanto: Asper BKPH Wanareja Rapat Evaluasi Guna Tingkatkan Produksi Getah Pinus

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Guna meningkatkan produksifitas Getah Pinus, Joni Rusmanto Asper BKPH Wanareja menggelar rapat koordinasi di aula kantor BKPH Wanareja, Senin (02/09/2019).

Menurut Asper bahwa rapat evaluasi terswbut dilaksanakan rutin tiap bulan. ” Rapat ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengurai dan mencari solusi terkait kendala produksi getah pinus ” kata Asper.

Pada masa sekarang ini produktivitas getah pinus di BKPH Wanareja sedikit kurang maksimal, ada beberapa kendala dalam masalah ini diantaranya yakni, musim panen para petani, urbanisasi penyadap aktiv ke Aceh, dan musim Hajatan atau resepsi, terang Asper kepada NX.

” Saat ini para penyadap getah pinua masih beranggapan kalau pekerjaan sebagai penyadap merupakan pekerjaan sampingan ” jelas Asper.

Untuk mengatasi masalah tersebut BKPH Wanareja memiliki beberapa solusi, diantaranya membangun komunikasi yang lebih Intens antara petugas dan penyadap serta KTS untuk mejalin silahturahmi dengan cara door to door maupun mengumpulkan tenaga penyadap secara bergerumbul.

Kita dari BKPH Wanareja juga mencari tambahan tenaga penyadap, membuat surat pernyataan pengalihan bidang sadap yang ditinggalkan dan menyerahkanya kepada tenaga sadap baru, serta memaksimalkan upaya gerakan kerok getah dan optimalisasi produksi disetiap bidanng sadap, pungkas Asper.

Sementara Umar selaku Polisi Hutan (Polhut) saat ditanya wartawan terkait keamanan diwilayah kerjanya, dia mengatakan, untuk keamanan wilayah kerja sampai dengan sekarang bisa terjaga dengan baik. ” Kita dari Polhut tentunya selalu melakukan Patroli rutin, dan bekerjasam juga dengan LMDH ” terang Umar.

Dimusim kemarau seperti sekarang ini, BKHP Wanareja juga selalu waspada dengan terjadinya kebakaran Hutan, dan alhamdulilah di wilayah BKPH Wanareja tidak terjadi kebakaran, jelas Umar.

LMDH yang ada sudah kita bina dengan baik, agar keamanan hutan bisa terpelihara, “saya yakin LMDH akan langsung berkoordinasi dengan kita manakala terjadi sesuaty hal yang tidak diinginkan diwilayah Hutan BKPH Wanareja ” pungkas Umar. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE