oleh

Perhutani BKPH Wanareja LMDH dan Kelompok Tani Sadap Adakan Tasyakuran Satu Suro

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Berlokasi di Dusun Cipaok Desa Cigintung Kecamatan Wanareja Cilacap, dilaksanakan Tradisi Suran/Suronan, Sabtu (07/09/2019).

Dalam kesepatan tersebut hadir juga Asisten Perhutani (Asper) BKPH Wanareja, Joni Ruswanto dan seluruh Karyawan BKPH Wanareja.

Disamping itu juga hadir Kelompok Tani Sadap (KTS), LMDH Giri Mulya, blok Cipaok, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan apartur pemerintah Desa Cigintung.

Dikatakan Joni, dengan diadakanya tasyakuran dalam memperingati Satu Suro, ini bisa dijadikan ajang silahturahmi antara pihak Perhutani dengan para penyadap dan LMDH, disamping itu juga ini merupakan perwujudan rasya syukur kita atas rijki, kesehatan, dan keselamatan yang dilimpahkan Alloh SWT, terang Joni.

Sementara Abah Sumar Duratma mandor TPG Karoya yang diketahui juga sebagai tokoh masyarakat, dalam kesempatan tersebut memberikan sambutan terkait kegiatan tasyakuran satu suro.

Dikatakan Abah Sumar Duratma, Satu Suro merupakan hari pertama dalam kalender Jawa. Dibukan suro dimana berteptan dengan 1 Muharam dalam kalender Hijriyah, ” karena kalender jawa yang diterbitkan oleh Sultan Agung mengacu kepada penanggalan Hijriyah (Islam) ” terang Abah Sumar.

Lebih jauh Abah Sumar memaparkan, satu suro biasnya diperingati pada malam hari usai Maghrib pada hari sebelum tanggal satu, biasanya disebut dengan malam satu suro.

” Pergantian hari Jawa dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam ” jelas Abah Sumar.

Ditambahkan Abah Sumar, Satu Suro memiliki banyak pandangan dalam masyarakat Jawa, hal ini dianggap kramat terlebih bila jatuh pada jumat legi. ” Untuk sebagian masyarakat pada malam satu suro dilarang untuk ke mana-mana kecuali untuk berdoa ataupun melakukan ibadah lain ” pungkas Abah Sumar.

Masyarakat yang hadir dalam tasyakuran tersebut, membawa berbagai makanan untuk didoakan kemudian dimakan bersama-sama. Acara tasyakuran yang dikemas dengan kesederhanaan namun terlihat khusuk.(Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE