oleh

Taiwan – Indonesia Akan Kerjasama Daur Ulang Limbah Plastik

NASIONALXPOS.CO.ID, JAKARTA – Dalam kerangka Kebijakan Baru ke Arah Selatan (the New Southbound Policy), pemerintah Taiwan akan menyasar kerja sama mengenai penanggulangan limbah plastik di laut dan potensi ekonomi daur ulang dengan Indonesia.

“Untuk isu limbah di lautan dan polusi udara yang memengaruhi hajat hidup orang banyak, tentu saja kami terus menyasar kemungkinan kerja sama itu,” ujar Wakil Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) di Indonesia, Peter Lan, dalam acara seminar bertajuk potensi kerja sama daur ulang limbah plastik di Jakarta, Kamis (25/9).

Peter mengatakan, Taiwan menaruh perhatian besar pada isu tersebut karena wilayahnya merupakan kepulauan yang dikelilingi laut sehingga sampah lautan dan polusi air akan berdampak besar bagi lingkungan.

Peter menambahkan, Pemerintah Taiwan saat ini telah membentuk sebuah badan baru yang khusus mengurus persoalan kelautan, termasuk penanganan limbahnya.

Selanjutnya, Peter mengakui bahwa sejauh ini pihaknya masih melakukan tahap awal dengan menggali potensi kerja sama yang bisa dijalankan dengan Indonesia, serta melakukan pertukaran informasi dan pengetahuan untuk mendukung kepentingan satu sama lain.

“Kami mempunyai teknologi dalam hal pengelolaan limbah dan pengawasan polusi juga yang lainnya, sehingga kami mencari rekan untuk masa mendatang, tetapi saat ini baru tahap penjajakan dan belum ada proyek konkret,” katanya.

Proyek konkret tersebut, diproyeksikan oleh Peter, misalnya penggunaan teknologi Taiwan yang bisa digunakan oleh pemerintah atau perusahaan Indonesia untuk mengumpulkan limbah jaring ikan di lautan lalu mendaur ulang limbah itu. (Red/Jk)

Sumber: Antara

Komentar

NEWS UPDATE