oleh

Achmad Fauzi Ucapkan Selamat Kepada Klaster Batik, Saat Gelar Workshop FEDEP Bappeda Cilacap

-Headline-1.199 views

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Kegiatan Workshop Forum For Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) tahun 2019 digelar di ruang rapat Bappeda Kabupaten Cilacap, Rabu (09/10/2019).

Kegiatan Workshop tersebut diikuti oleh Bappeda, Dispabun Kab.Cilacap, DPMPTSP Cilacap, Dinas Perikanan, Disnakerin, DPKUKM – PLUT, Disporapar, Bagian Perekonomian Setda Cilacap, Ketua Pelaksana FEDEP Kabupate Cilacap, Business Development Service, dan sebanyak lima perwakilan Klaster Cilacap.

Acara Workshop dibuka dan dipimpin Sekretaris Bappeda Kabupaten Cilacap Achmad Fauzi, SE.ME, dalam sambutanya Sekban mengatakan, strategi pembngunan Daerah di Kabupaten Cilacap dalam mendukun Jawa Tengah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi 7 persen ada beberapa strategi, kata Achmad Fauzi.

Diantaranya adalah mendorong Investasi Industri strategis, pembangunan Infrastruktur, pengutan SDM, dorong Ekapor TPT, MAMIN, Furniture, subsitusi Import, dan pengengembangan sektor pariwisata, tambah Achmad Fauzi.

Lebih jauh Achmad Fauzi menjelaskan, perbandingan pertumbuhan PDRB dengan tenaga kerja di Kabupaten Cilacap yakni perbandingan antara PDRB di Kabupaten Cilacap dengan penduduk yang bekerja menurut lapangan usaha.

Achmad Fauzi juga mencontohkan, penduduk Cilacap yang bekerja disektor pertanian, kehutanan, perkebunan dan perikanan mencapai jumlah 60.572, tetapi terhadap pertumbuhan PDRB Cilacap hanya sebesar 1,97 %.

Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda memberikan fasilitas terhadap perkembangan Klaster – klaster di Kabupaten Cilacap, adapun strategi pengembangan klaster yang dilakukan oleh Pemda Cilacap berdasarkan tingkat atau jenjang klaster yang ada.

” Klaster pemula meliputi SDM, kerjasama, produksi, pemasaran dan permodalan, klaster berkembang meliputi SDM, kualitas produksi, pelayanan, inovasi, kerjasama, akses pasar dan akses permodalan, untuk klaster maju sendiri meliputi kemandirian, pembinaan tidak langsung, kompetitif dan dukungan iklim usaha ” beber Achmad Fauzi.

Achmad Fauzi juga menyampaikan terimakasih dan rasa syukur sebab salah satu klaster di Kabupaten Cilacap, yakni Klaster Batik naik kelas, dari klaster berkembang menjadi klaster maju yang sudah berhasi mengekspor produksinya ke Luar Negeri, kata Achmad Fauzi.

” Saya sangat berharap bahwa klaster di Cilacap harus bisa berinovasi dan kreatif dalam menghasilkan produk sehingga dapat bersaing dengan klaster yang ada di kabupaten lain ” pungkas Achmad Fauzi.

Sementara Kepala Bidang Perekonomiam Bappeda Cilacap, Daryono. SE.MM dalam kesempatan rersebut juga menyampaikan paparan terkait kelembagaan FEDEP.

Menurut Daryono maksud dilaksanakanya Workshop FEDE/PEL ini bertujuan untuk memperkiat kelembagaan FEDEP, memfasilitasi pengembabgan klaster yang ada di Cilacap, memberikan pemahaman dan arahan kepada setiap anggota klaster untuk membuat program/rencana kerja klaster berdasarkan prioritas kegiatan, kata dia.

Workshop FEDEP ini mepunyai tujuan yakni, setiap klaster agar mengusulkan calon pengurus klaster tahun 2019 – 2022. Setiap anggota Klaster agar dapat membuat program / rencana kerja kegiatan Tahun 2020 secara sistematis, sinergi dan terukur manfaat dan hasilnya, terang Daryono.

Usai paparan yang dilakukan Kepala Bidang Perekonomian Bappeda, dilanjutkan dengan paparan dari masing masing Klaster di Kabupaten Cilacap terkait dengan program kerja klaster, kegiatan kegiatan yang telah dan yang akan dilaksanakan oleh klaster, permasalahan – permasalahan di klaster, yang dibutuhkan dari Pemda serta usulan calon pengurus klaster yang baru.

Dari hasil Workshop tersebut Bappeda Kab. Cilacap akan menindaklanjuti hasil workshop FEDEP / PEL yang telah dilaksanakan tanggal 9 Oktober 2019 yaitu dengan memperbaharui Surat Keputusan Kepala BAPPEDA Kabupaten Cilacap tentang Pembentukan Klaster di Kabupaten Cilacap periode Tahun 2019 2022. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE