oleh

MUI Sumut dan UMSU Gelar Seminar Internasional “Titik Nol Islam di Indonesia”

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMATERA UTARA – Bertempat di Auditorium Pascasarjana UMSU, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara dan Universitas Muhamaddiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar Seminar Internasional bertajuk “Titik Nol Islam di Indonesia”, Jln. Denai Medan, Selasa 15 Oktober 2019.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al’quran oleh Adnan Tumangger, menyanyikan lagu Indonesia Raya, oleh Darma Ari, Laporan Panitia, Prof, Dr. Hasan Bakti Nasution. MA. Dilanjutkan kata sambutan selamat datang Rektor UMSU, Dr. Agussani, M, AP, kata sambutan Ketua Jam’iyah Batak Muslim Indonesia, H. Albiner Sitompul, kata sambutan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Sambutan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sumut, Prof. Dr. H. Abdullah Syah.MA. Sambutan sekaligus membuka acara oleh Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti seminar internasional “Titik Nol Islam Di Indonesia” oleh Gubernur Sumut, H. Edy. Rahmayadi Ketua MUI Sumut Prof, Dr. H. Abdullah Syah MA, Rektor UMSU, Dr. Agussani, MAP. Dan dilanjutkan dengan penyerahan cendramata oleh Rektor UMSU kepada Gubernur Sumut, Ketua MUI Sumut, dan para nara sumber.

Ketua Panitia Pelakasana Seminar Internasional, Prof Dr. Hasan Bakti Nasution mengatakan, acara seminar internasional ini untuk semakin memperkenalkan titik nol ajaran Agama-agama Islam di Indonesia yang ada di Kota Barus kabupaten Tapanuli Tengah sebab setelah Presiden Joko Widodo meresmikan Tugu titik nol Islam Nusantara di Barus, belum ada tindaklanjut untuk semakin memperkenalkan kota asal sejarah awal Islam di Indonesia,” sebagai Pemerhati dan Dai, kami merasa perlu mendorong kemajuan kota sejarah perkembangan Islam di Indonesia melalui seminar internasional ini, “ujarnya.

Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution berharap mudah mudahan menambah semangat kita dan kedepannya akan lebih maju lagi untuk mendukung misi Sumut bermartabat dan misi Presiden bisa maju, kita juga nanti ada lanjutan seminar yang akan dilaksanakan di Barus.”harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Internasional menghadirkan empat nara sumber yakni, Prof. Dr. Zain Musa PhD dengan membawa tema Jaringan Dakwah Asia Tenggara, Prof. Dr. Rusmin Tumanggor MA, tema, Barus sebagai pintu gerbang Agama-agama Besar Dunia, Prof. Dr. H. Usman Pelly. M.Pd, dengan tema, Dinamika Islam di Tapanuli dan Dr. Phil Ichwan Azhari M.S, dengan tema, Kapur dan Barus Islam dan Jaringan Perdagangan Kuno. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Setelah sesi tanya jawab selesai, kegiatan penutupan dengan laporan panitia oleh, Zailanai,MA, dan pembacaan Rumusan seminar oleh Dr. Amiruddin Siahaan M. Pd dan dirangkai dengan penutupan oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sumut/ Rektor UMSU, Prof, Dr. H. Abdullah Syah, MA/ Dr. Agussani, M.AP, dan ditutup dengan Doa oleh Dr. Sultoni Trikusuma MA.

Turut menghadiri Kegiatan seminar internasional ini, Gubernur Sumut, H. Edy Rahmayadi, Ketua MUI Sumut, Prof, Dr. H. Abdullah Syah MA, Rektor UMSU, Dr. Agussani, M. AP, Ketua Panitia Pelaksana Seminar Internasional, Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution, MA bersama Panitia dari UMSU, Munawir Pasaribu, SPd. I. MA, Selamat Pohan, SAg, MA dan Dr. Salman Nasution SEI, MA, Empat Narasumber, dan perwakilan juga dari Aceh serta seluruh panitia dari UMSU dan seluruh panitia dari MUI Sumut serta undangan dari berbagai kabupaten daerah serta tokoh Agama, tokoh Ulama dan tokoh masyarakat Sumatera Utara serta para undangan. (Red/Wes)

Komentar

NEWS UPDATE