oleh

Pencanangan Kampung KB ” Mugi Rahayu ” Desa Cilongkrang Wanareja

NASIONALXPOS.CO.ID,CILACAP – Dilaksanakan di Dusun Cilongkrang Desa Cilongkrang Kecamatan Wanareja, Kampunv KB ” Mugi Rahayu ” dicanankan, Rabu (02/10/2019).

Acara pencanangan Kampung KB tersebut dihadiri Sekretaris Dinas KB dan PPPA Kabupaten Cikacap, Hantari, Drs. Muhamad Najib Camat Wanareja didampingi Istri Triagi Sulistyaningsih Ketua TP.PKK Wanareja, para Kepa Desa se – Kecamatan Wanareja, Forkompimcam.

Pencanangan Kampung KB Tersebut juga ditandai dengan pengguntingan pita oleh Camat Wanareja didampingi Sekdin KB dan PPPA Kabupaten Cilacap di gerbang Dusun Cilongkrang sebagai pusat giat pencanangan Kampung KB.

Dalam sambutanya, Camat Wanareja Muhamad Najib mengatakan, Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, kata Muhamad Najib.

Jadi Kampung KB sebenarnya dirancang sebagai upaya membumikan, mengangkat kembali, merevitalisasi program KKBPK guna mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dan masyarakat dalam upaya mengaktualisasikan dan mengaflikasikan 8 (delapan) fungsi keluarga secara utuh dalam masyarakat, papar Muhamad Najib.

Dengan demikian kegiatan yang dilakukan pada Kampung KB tidak hanya identik dengan penggunaan dan pemasangan kontrasepsi, akan tetapi merupakan sebuah program pembangunan terpadu dan terintegrasi dengan berbagai program pembangunan lainnya, tambahnya.

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, pungkas Muhamad Najib.

Sementara Hantari Sekdin KB dan PPA Kabupaten Cilacap menyampaikan, bahwa Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat, kata dia kepada wartawan NX.

Walaupun pembentukan Kampung KB diamanatkan kepada BkkbN, akan tetapi pada prinsipnya Kampung KB merupakan perwujudan dari sinergi antara beberapa kementerian terkait dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mitra kerja, dan pemangku kepentingan, serta tidak ketinggalan partisipasi langsung masyarakat setempat, jelas Hantari.

“Oleh sebab itu Kampung KB ini diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) dari sebuah desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis ” kata Hantari menjelaskan.

Hal ini sesuai dengan definisi dari Kampung KB itu sendiri yaitu ”satuan wilayah setingkat RW, dusun, atau yang setara, yang memiliki kriteria tertentu, di mana terdapat keterpaduan Program KKBPK dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis‟.

Acara pencanangan Kampung KB Mugi Rahayu Desa Cilongkrang juga ditandai dengan penandatangan Prasasti oleh Camat Wanareja Muhamad Najib, yang dilanjutakan dengan pemotongan Tumpeng oleh Hantari yang diberikan kepada Kepala Desa Cilongkrang Endang Wahyu.

Usai acara tersebut, dilanjutkan dengan ramah tamah, masyarajat dengan Camat Wanareja serta perwakilan Dinas KB dan PPA Kabupaten, berikut sesi hiburan yang dimainkan oleh beberapa anak-anak paud dan ibu-ibu PKK. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE