oleh

Wabup : Syamsul. A.R Buka ” Dayeuhluhur Art Culture 2019 ” Di Matenggeng

-Headline-1.305 views

NASIONALXPOS.CO.ID,DAYEUHLUHUR.CILACAP- Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman membuka kegiatan Festival Seni. Festiva seni tersebut dalam rangka kegiatan ” Dayeuhluhur Art Culture 2019 ” yang diselenggaran mulai tanggal 20 sampai dengan 23 Oktober 2019 di Lapangan Desa Matenggeng Kecamatan Dayeuhluhur Cilacap, Senin (21/10/2019).

Turut serta mendapingi Wakil Bupati Cilacap dalam kegiatan tersebut, Drs. Heroe Harjanto Kepala Disporapar, Drs. Buda Santosa Kepala Dinas P dan K, Sadmoko Danardono Ka.Kesbangpol, Oktrivianto Kabag Kesra, dan beberapa pejabat pemkab lainya.

Sementara dari Forkompimcam Dayeuhluhur, Camat Dayeuhluhur Hari Winarno, hadir juga para Camat, Sekcam se eks Distrik Majenang dan para Kepala Desa.

Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman, Budi Santosa Kadis P dan K, dan Hari Winarno Camat Dayeuhluhur dalam kesempatan tersebut mendapatkan kehormatan dari para tokoh adat Dayeuhluhur.

Tokoh adat Dayeuhluhur menyematkan ikat kepala kepada Wakil Bupati, Kadis P dan K, serta Camat Dayeuh yang baru yakni Hari Winaro, menurut salah seorang tokoh adat mengatakan ” ikat kepala tersebut sudah di rajah diberikan do’a – do’a, agar kepada yang mengenakan ikat kepala tersebut bisa diberikan keselamatan” kata dia.

Dalam sambutanya saat membuka ” Dayeuhluhur Art Culture 2019 ” Syamsul mengatakan, Kecamatan Dayeuhluhur adalah perpaduan budaya Jawa dan Sunda, ini hal yang unik menurut Wabup.

” Dengan digelarnya Dayeuhluhur Art Culture 2019 diharapakan budaya lokal Dayeuhluhur bisa digali potensinya, sehingga budaya lokal bisa tetap eksis ” kata Wabup.

Saya sangat mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, tidak lupa pula untuk pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur yang sudah bisa mendukung dan bekerjasama dengan baik sehingga kegiatan ini bisa terlaksana ” papar Wabup.

Lebih jauh Wabup menyampaikan keinginanya, kedepan bisa mengadakan Festival Jaipong, perlu diketahui kita semua, mulai dari Kecamatan Karangpucung sampai Kecamatan Dayeuhluhur masyarajatnya masih teguh menjunjung budaya Sunda, jelas Wabup.

” Saya optimis kedepanya apabila diadakan Festiva Jaipong ini akan menjadi dayatarik tersendiri diwilayah Eks Distrik Majenang ” pungkas Wabup.

Sementara Drs. Budi Santosa Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap selaku pemanggung jawab kegiatan, juga menyampaikan, dengan terlaksananya kegiatan Dayeuhluhur Art Culture 2019 ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara pihak Kecamatan Dayeuhluhur dan masyarakat, begitu juha dengan Kecamatan Wanareja, kata Budi.

” Upaya – upaya yang sudah dilakukan kita delama ini diharapkan dapat mendukung upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan sebagaimana diamanatkan oleh UU. No.5 Tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan ” jelas Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakanya ” Dayeuhluhur Art Culture 2019 ” bahwa kegiatan ini untuk menggali potensi dan permasalahan aktual yang dimiliki Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK), seperti tradisi lisan, adat tradisi, ritual, Seni dan beberapa budaya yang berkembang diwilayah batas pertuan kebudayaan Sunda – Jawa Dayeuhluhur dan sekitarnya, papar Budi.

Penyelenggaraan Dayeuhluhur Art Culture 2019, diharapkan dapat meningkatkan kemampuam pembina seni dan seniman dalam mengolah kekayaan seni masyarakat Dayeuhluhur dan sekitarnya melalui kajian seni.

“Khusus untuk Guru mata pelajaraan Bahasa Indonesia SMP bisa meningkatkan kemampuan menggali dan mengembangkan secara kreatif, informasi aktual terkaih khasanah cerita rakyat Dayeuhluhur dan sekitarnya menjadi bahan bacaab masyarakat bernilai sastra, melalui Workshop Penulisan Cerita Rakyat ” beber Budi.

Disamping itu juga, kemampuan grup -grup seni harus meningkat dalam menyajikan kekayaan seni Pasundan melalui Festival Seni Pasundan, serta mendorong masyarakat Kabupaten Cilacap untuk tetap menghrgai tradisi yang hidup dilingkungan masing -masing.

” Salah satu budaya tersebut yakni Hurmat Sedekah Kupat, saya meminta kepada seluruh kepala sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA di Kecamatan Dayeuhluhur pada tanggal 23 Oktober nanti agar mendorong para siswa -siswinya terlibat dalam kegiatan Hurmat Sedekah Kupat ” pungkas Budi Santosa. (Junaedi)

Komentar

NEWS UPDATE