oleh

Dandim 0418/Palembang Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-74 di BKB

-Nasional-153 views

NASIONALXPOS.CO.ID, PALEMBANG – Dandim 0418/Palembang, Kolonel Arm Widodo Noercahyo, Memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang ke-74 Tahun 2019, dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang, Minggu (10/11/2019).

Hadir juga dalam upacara tersebut, Anggota DPD RI Amalia Sobri, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa M.Si, Kajari Kota Palembang Asmadi SH MH, Kabag Perencanaan Polrestabes Palembang, perwakilan dari Danlanal dan Danlanud SMH Palembang.

Kemudian, Kepala Pengadilan Negeri Kelas IA Palembang, Ketua PTUN Palembang, para Kepala Dinas/Kaban/Asisten Staf Ahli Pemkot Palembang, para Camat beserta Lurah se-Kota Palembang, para Vereran, para tokoh agama beserta tokoh masyarakat, 1500 orang peserta upacara dan para tamu undangan lainya.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara, yaitu Dandim 0418/Palembang, Komandan Upacara Danramil 418-03/Plaju, Perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0418/Palembang.

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Dandim 0418/Palembang Kolonel Arm Widodo Noercahyo, menyampaikan, bahwa setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Peringatan tersebut, didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar,” ujarnya.

Lanjutnya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia,” ungkapnya.

Tambahnya, peringatan Hari Pahlawan kali ini bertujuan membangkitakn semangat berinovasi bagi anak anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan hari Pahlawan tahun 2019 ini, yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi Pahlawan Masa kini, dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan perbuatan anarkis serta merugikan orang lain,” pungkasnya.

Laporan : Herry Eddy.

Komentar

NEWS UPDATE