oleh

Gubsu Diwakili Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Provsu Halen Purba Lantik Pengda GPMB Sumut Periode 2019–2023

NASIONALXPOS.CO.ID, SUMATERA UTARA – Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumut diharapkan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat di daerah ini.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumut Halen Purba, pada pelantikan pengurus daerah GPMB Sumut Periode 2019 – 2023, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30, Medan, Selasa (5/11).“GPMB adalah mitra kerja pemerintah dalam upaya bersama-sama meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya Sumatera Utara,” ujar Halen Purba membacakan sambutan Gubernur Edy Rahmayadi.

Dikatakannya, mengembangkan minat baca masyarakat sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Sumut dalam menjadikan Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat. Untuk itu, visi tersebut harus didukung oleh segenap pihak.“Sebab bagaimanapun juga ke depan kita membutuhkan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Untuk mendapatkan generasi seperti itu, kita harus membiasakan generasi kita membaca,” sebutnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat GPMB Tjahjo Suprajogo usai melantik pengurus GPMB Sumut menyampaikan, GPMB pada awalnya dibentuk atas inisiasi Perpustakaan Nasional, Menkokesra serta organisasi masyarakat lainnya untuk membangkitkan minat baca masyarakat Indonesia. GPMB dibentuk pada 25 Oktober 2001, di Istana Bogor.

Tjahjo juga mengatakan, GPMB memiliki peran untuk menjembatani setiap komunitas yang ada di setiap daerah melakukan upaya peningkatan minat baca di daerah. Untuk itu, dia mengajak seluruh pihak bersama-sama mewujudkan upaya peningkatan minat baca itu. “Kita bersama-sama, bersatu fokus pada literasi, maka marilah kita berkolaborasi,” ujar Tjahjo.

Selain Ketua GPMB Sumut Nawal Edy Rahmayadi, jajaran pengurus GPMB Sumut yang turut dilantik, antara lain, Ketua I Azhari Marzuki Nasution, Ketua II Rosda, Ketua III T Mirna Rizal, Sekretaris Jojor Sitorus Pane, Sekretaris I Muhammad Said, Sekretaris II Yuni K Pulpi, Sekretaris III Reza Pahlevi Lubis, Bendahara Meriyawati Amelia Prasetio, dan Bendahara I Hendy.Turut hadir Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota, organisasi masyarakat, serta pegiat literasi.

Usai dilantik, Ketua Pengurus Daerah GPMB Sumut Nawal Edy Rahmayadi mengharapkan, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Sumut dapat menginisiasi terbentuknya GPMB di setiap daerah. Karena, GPMB memiliki peran strategis dalam mengembangkan minat baca di kabupaten/kota.

“Semoga ini dapat terlaksana secepatnya, agar minat baca masyarakat juga segera meningkat,” kata Nawal, yang juga Ketua TP PKK Sumut. (Wes)

Komentar

NEWS UPDATE